Table Service dan Quick Service

Dilihat dari cara tamu melakukan order makanan, maka sistem order menu dari sebuah restoran dapat dibedakan mejadi dua jenis, yaitu:

1. Table Service.
2. Quick Service.

Table Service adalah sistem order menu dimana prosesnya adalah tamu duduk terlebih dahulu, kemudian order menu, menyantapnya, baru kemudian membayarnya. Atau, secara singkatnya, selesai makan baru bayar. Sistem ini banyak digunakan terutama untuk jenis cafe, seafood restaurant, chinese food restaurant, dan fine dining restaurant.




Quick Service adalah sistem order menu dimana tamu langsung membayar makanannya setelah selesai order, baru kemudian menyantap makanannya. Sistem ini terkadang disebut juga dengan sistem counter atau fastfood. Sistem ini banyak digunakan di restoran-restoran fast food seperti Hoka-Hoka Bento, KFC, McDonald, food court, dll. Biasanya, menu yang dijual sudah siap saji (telah dimasak), sehingga tamu dapat langsung memilih sendiri menu-menu yang diinginkan dan langsung disajikan.

Dalam software restoran yang disediakan oleh Ventrasys, di dalamnya telah terdapat fitur-fitur yang lengkap, baik untuk sistem order Table Service ataupun Counter. Khusus untuk Quick Service, memang sangat dibutuhkan proses kerja yang cepat (sesuai dengan namanya). Oleh karena itu, software restoran ini telah dikembangkan sedemikian rupa untuk mendukung proses order menu yang cepat, tanpa diperlukan step-step yang rumit dan panjang. Proses kerja mulai dari order menu, cetak bill, hingga pembayaran, dirancang secara intuitif namun tetap fleksibel.

Software restoran dari Ventrasys juga sangat fleksibel, artinya dapat digunakan untuk gabungan Table Service dan Quick Service. Salah satu restoran yang menggunakan sistem gabungan seperti ini adalah Penang Suki Restaurant. Dalam pengoperasiannya, proses pergantian dari sistem Table Service ke Quick Service (atau sebaliknya) sangat mudah dilakukan, hanya dibutuhkan satu klik saja.

Jadi, apapun sistem order menu di restoran Anda, Ventrasys telah menyediakan sebuah software Point Of Sales yang fleksibel, intuitif, dan mudah digunakan. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar