Perlukah Membuat Website Untuk Restoran?

Sebenarnya, jika restoran Anda memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri, dan Anda merasa hal tersebut pantas untuk dipublikasikan, maka salah satu media publikasi yang dapat memberikan banyak manfaat adalah dengan membuat sebuah website untuk restoran Anda. Sebuah website yang cantik dengan content yang menarik tentang restoran Anda dapat menjadi sebuah "24-hour publicity" di dunia maya, alias dunia internet.

Pengguna internet, termasuk di Indonesia, semakin hari semakin bertambah. Jaman sekarang, semakin banyak orang yang mencari-cari informasi melalui internet, dan tidak terkecuali informasi dari restoran yang ingin dikunjungi. Entah seseorang ingin pergi ke sebuah cafe yang romantis, restoran sea food yang murah, atau chinese food untuk makan keluarga, semuanya dapat dengan mudah dicari melalui internet. Nah, kalau restoran Anda belum memiliki website, maka restoran Anda tidak akan ditemukan di internet oleh orang-orang yang mencari informasi melalui internet tersebut.

Karena restoran berhubungan erat dengan bidang pariwisata, sebuah website juga dapat memudahkan para turis (terutama turis dari Barat) mendapatkan informasi mengenai restoran Anda. Para turis ini tidak mengerti lokasi dan restoran-restoran apa saja yang layak dikunjungi, sehingga seringkali mereka akan mencari informasi melalui internet. Jadi, ini adalah salah satu peluang yang harus Anda manfaatkan.

Anda juga dapat menjadikan website sebagai salah satu media promosi dari restoran Anda. Tampilkan gambar-gambar menu Anda yang lezat-lezat, foto-foto suasana cafe Anda yang cozy, juga berikan informasi-informasi yang dapat membuat orang tertarik untuk datang ke restoran Anda. Tulislah kata-kata yang menunjukkan kelebihan-kelebihan dari restoran Anda, dan apa keunikan serta ciri khas dari restoran Anda tersebut. Misalnya adalah chef-chef di restoran Anda yang telah expert, bahan-bahan yang digunakan di restoran Anda, dan lain-lain.

Website juga memudahkan interaksi Anda dengan customer restoran Anda. Para customer dapat memberikan saran, kritik, ataupun pertanyaan seputar restoran Anda melalui website. Atau, yang lebih penting lagi, mereka dapat juga memberikan testimoni-testimoni yang dapat Anda tampilkan di website Anda, sehingga membuat orang lain yang belum pernah datang ke restoran Anda, jadi ingin mencobanya.

Kalau Anda menggunakan sistem franchise dalam mengembangkan usaha restoran Anda, maka Anda juga dapat memberikan informasi-informasi persyaratan dan ketentuan bagi calon investor yang tertarik menjadi franchisee dari restoran Anda. Jadi, tidak hanya untuk kepentingan para customer, sebuah website juga dapat memudahkan komunikasi dengan para calon investor restoran Anda (franchisee).

1 komentar:

  1. Makasih..Klo ada saran maupun kritik,jangan sungkan2 untuk melayangkannya..karna tanpa kritik teman2,blog ini tidak ada artinya..add my link ya..http://komputermini.blogspot.com...

    BalasHapus