Merubah Image Restoran?

Apakah merubah image dari sebuah restoran atau cafe itu beresiko? Misalnya dari suatu tempat yang sasaran utamanya kaum high class menjadi down grade untuk middle? Merubah semua itu tentunya butuh biaya promosi yang cukup besar dan ada potensi kehilangan beberapa konsumen yang memang mencari sisi eksklusifitas tersebut. Lalu bagaimana?

Merubah image suatu restoran atau cafe memang sangat sulit, karena bisa dianggap kita tidak konsisten dengan konsep. Tapi itu dilakukan karena mungkin tempat kita sudah mulai sepi atau bahkan hampir bangkrut.

Kalau konsep awalnya untuk kalangan atas dan akan dirubah menjadi kalangan menengah atau bawah, lebih baik jangan dirubah imagenya. Tetap pertahankan konsepnya tetapi coba dibuat promo-promo makanannya yang mulai mengarah ke kaum menengah ke bawah. Jadi kaum menengah akan datang ke tempat yang suasananya menengah ke atas dengan harga yang menengah ke bawah.

Jangan dirubah konsepnya tapi coba dibuat imagenya tempatnya bagus dan fasilitas high class harga low class. Kalau itu sudah berhasil maka dengan sendirinya pelan-pelan tamu akan mulai berubah kalangannya, tanpa tamu tersebut menyadari bahwa restoran Anda sedang menurunkan kelas. Jangan langsung merubah frontal karena nanti malah menjadi bumerang bagi restoran Anda sendiri.

Sumber:
Hendri Syamsul
Konsultan Restoran dan F&B

Diambil dari:
www.priuk.com
Portal kuliner dan F&B.


Disclaimer:
Artikel ini bukan bersifat konsultasi, tetapi hanya knowledge-sharing. Untuk konsultasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi narasumber yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar