Promosi Restoran Menggunakan Internet

Bisnis restoran dan cafe semakin menjamur dari tahun ke tahun. Sebagai konsekuensinya, tentu bisnis ini menjadi semakin ketat tingkat persaingannya. Tidak jarang kita melihat restoran-restoran yang tidak lama dibuka harus "gugur" karena sepinya pengunjung. Banyak faktor memang yang menentukan kelangsungan bisnis restoran, dan salah satunya adalah promosi.

Kali ini, kami ingin sedikit berbagi tips tentang cara melakukan promosi restoran Anda melalui internet. Mengapa internet? Pertama, karena bisa dibilang biaya promosinya relatif lebih terjangkau. Kedua, tidak bisa dipungkiri lagi pengguna internet di Indonesia semakin banyak dari hari ke hari. Tidak jarang seseorang mencari informasi sebuah resto atau cafe dari internet.

1. Memasang iklan di website-website kuliner.

Di internet banyak terdapat website-website yang memberikan review dari sebuah restoran kepada para pengunjungnya. Jika Anda memasang iklan di website kuliner seperti ini, maka profil restoran atau cafe Anda akan dipublikasikan oleh website tersebut, sehingga visitor website tersebut akan lebih mengenal restoran Anda, dan berkemungkinan untuk mengunjunginya.

Biasanya, jika Anda beriklan di portal kuliner seperti ini, logo restoran Anda akan ikut ditampilkan sehingga meningkatkan brand awareness Anda. Selain itu, para visitor juga dapat ikut berinteraktif dalam forum yang biasanya tersedia di website yang bersangkutan. Misalnya, mereka dapat saling berdiskusi tentang resto seafood apa yang enak dan murah, dimana terdapat cafe romantis di wilayah Jakarta Selatan, dan lainnya.

Contoh-contoh website kuliner seperti ini misalnya adalah www.priuk.com, www.restodb.com, www.makanmulu.com, www.sendokgarpu.com, dan lain-lain.

2. Aktif di forum-forum.

Forum adalah sebuah media di internet dimana setiap anggotanya dapat saling berdiskusi tentang banyak topik, dan salah satunya adalah tentang kuliner. Seperti yang kita tahu, salah satu teknik promosi yang paling efektif dan rendah biaya adalah teknik word-of-mouth, alias promosi dari mulut ke mulut.

Nah, jika Anda menggunakan forum, Anda bisa memulai sebuah topik tentang restoran Anda sendiri. Jika memang restoran atau cafe Anda memiliki kelebihan, besar kemungkinan terdapat pengunjung restoran Anda yang puas dan memberikan komentar positif di topik yang Anda buat tersebut. Hal ini tentunya dapat memancing rasa penasaran dari anggota forum lainnya, yang ujung-ujungnya ingin mencoba masakan di restoran Anda.

Forum-forum tentang kuliner misalnya adalah Forum Kompas, Forum Detik, Kafegaul, dan lain-lain.

3. Menggunakan situs jejaring sosial.

Salah satu situs jejaring sosial yang sedang booming sekarang adalah Facebook. Salah satu klien VentraSys yang memanfaatkan Facebook untuk publikasi restorannya adalah Brunello Restaurant, yang dapat Anda lihat disini.

Seiring bertambahnya komunitas di account Anda, maka orang-orang akan semakin mengenal restoran Anda. Situs ini sangat tepat digunakan untuk mencari teman-teman baru atau relasi baru, dan semakin banyak kenalan atau relasi Anda, semakin besar peluang restoran Anda dikenal oleh mereka.

Selamat mencoba! ;)

Oh ya, satu lagi. Kalau Anda mau promosi GRATIS restoran Anda di blog ini, silahkan klik disini. ;)

1 komentar:

  1. tambahan gan .. daftarin aja restauran km ke situs" online .. supaya restauran km lebih dikenal di masyarakat .. setau saya www.dibungkus.com salah satunya

    BalasHapus