Software POS Resto yang Canggih?

Banyak sekali vendor Point Of Sale restaurant yang menawarkan betapa canggih sistem POS yang mereka jual. Saya pernah melihat website salah satu vendor hospitality POS dari luar negeri, dimana didalamnya dituliskan banyak sekali fitur-fitur canggih dari POS yang mereka jual. Saya akui, saya sendiri kagum dengan betapa canggihnya software mereka.

Pertanyaannya, apakah software resto yang canggih itu diperlukan?

Awalnya, saya juga mengharapkan bahwa software restaurant Solis Resto yang kami jual merupakan software tercanggih dibandingkan kompetitor kami. Ini adalah "impian klasik" dari kebanyakan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Semua berlomba menjadi yang tercanggih, karena canggih seringkali dipersepsikan sebagai berkualitas.

Tetapi, dari pengalaman kami, banyak sekali para pengusaha resto dan cafe yang sebenarnya tidak membutuhkan software atau sistem aplikasi restaurant yang canggih. Mereka membutuhkan aplikasi yang dapat memudahkan mereka. Seringkali, kecanggihan malah menjadi senjata makan tuan bagi mereka, karena semakin canggih maka akan semakin sulit digunakan dan semakin mahal biayanya.

VentraSys lebih memfokuskan kepada aplikasi software restoran yang inovatif, alih-alih canggih. Kami akui, kami bukanlah sistem POS restoran tercanggih, karena kecanggihan itu tidak bisa diukur (relatif). Tetapi, kami selalu berusaha menjadi vendor POS system yang inovatif untuk pelanggan kami.

Inovasi adalah kecanggihan yang dibutuhkan. Kalau sebuah sistem itu canggih, tetapi tidak dibutuhkan, maka itu tidak ada gunanya. Adapun contoh-contoh inovasi dari aplikasi restoran Solis Resto dari VentraSys adalah:

1. Aplikasi PDA Order.
Aplikasi ini mempercepat order menu, karena langsung diinput oleh waitress melalui PDA ketika tamu memesan menu.

2. Kitchen Monitoring.
Inovasi untuk kemudahan monitoring menu-menu yang hendak dimasak oleh staff kitchen.

3. Data Center.
Modul untuk konsolidasi laporan restoran dengan multi-cabang, atau dengan konsep franchise. Sangat membantu dan memudahkan kantor pusat mengetahui status penjualan dan inventory level dari masing-masing outlet.

Masih banyak lagi inovasi-inovasi lain yang terus kami kembangkan. Cikal bakal lahirnya inovasi kami tentunya berasal dari input customer itu sendiri, sebagai aset kami yang paling berharga.

Jadi, VentraSys bukanlah vendor system POS tercanggih, tetapi kami adalah vendor yang selalu berinovasi demi customer kami. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar