Plus Minus Menggunakan Aplikasi PDA Restoran

Jika Anda sering mengunjungi restoran-restoran atau cafe-cafe tertentu, maka besar kemungkinan Anda pernah melihat restaurant dimana waitress-nya menggunakan aplikasi PDA dalam melakukan proses order. Di jaman yang semakin maju ini, sudah mulai banyak restoran dan cafe yang menggunakan sistem aplikasi PDA dalam melakukan order.

Biasanya, waitress menggunakan order form ketika menanyakan kepada tamu restoran menu-menu apa saja yang ingin diorder. Order form itu kemudian akan diinput di sebuah station Point Of Sale, yang kemudian hasil input tersebut akan tercetak secara otomatis di bagian kitchen.

Jika menggunakan PDA, waitress dapat meng-input langsung menu-menu yang dipesan oleh tamu di PDA yang dipegangnya, dan hasil input tersebut nantinya bisa langsung tercetak di kitchen ataupun bar. Bagi restoran-restoran tertentu, cara ini dirasa lebih cepat dan efisien. Tetapi, apakah betul menggunakan aplikasi PDA merupakan pilihan yang selalu tepat?

Berikut saya akan mencoba sharing mengenai kelebihan dan kekurangan penggunaan aplikasi PDA dalam menunjang software restoran Anda:

Kelebihan menggunakan aplikasi PDA:

1. Proses order lebih efisien, karena dilakukan langsung di depan tamu restoran.
2. Restoran atau cafe Anda akan terlihat lebih profesional.
3. Harga sebuah PDA relatif lebih murah dibanding membeli hardware POS untuk order.

Kekurangan menggunakan aplikasi PDA:

1. Koneksi sering terganggu, karena menggunakan wireless, bukan kabel jaringan.
2. Mudah hilang atau rusak, karena bentuknya yang kecil.
3. Banyak staff restoran yang masih kurang familiar dengan aplikasi PDA.

Semoga review singkat mengenai penggunaan aplikasi PDA di atas dapat membantu memberikan pertimbangan bagi Anda yang memang berencana memakai PDA di restoran atau cafe Anda. VentraSys sebagai salah satu vendor software restoran (restaurant Point Of Sale system) di Indonesia telah menunjang pemakaian aplikasi PDA dalam software kami. Untuk informasi lebih lanjutnya, bisa Anda kunjungi website kami di www.ventrasys.com.

2 komentar:

  1. kya kya keren sekali postinganya bos :D

    BalasHapus
  2. Jaman sudah berubah, teknologi bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan termasuk untuk niaga seperti restoran itu.

    Salam ;)

    BalasHapus