Software Restoran dengan Kitchen Monitoring

Agar operasional restoran dapat berjalan dengan cepat, maka koordinasi yang baik antara front line (cashier dan order taker) dengan bagian dapur/ bar harus berjalan dengan lancar. Artinya, setiap order menu dari tamu restoran, harus sampai di bagian dapur dan bar dengan cepat.

Jika tidak menggunakan software restoran, maka proses pengiriman pesan akan berjalan lambat, karena order menu diantar secara manual oleh kasir atau waitress ke bagian dapur. Bisa Anda bayangkan, jika dapur letaknya jauh, atau berada di lantai atas, betapa banyak waktu yang dipakai oleh waitress hanya untuk bolak-balik mengantarkan order form tersebut.

Untuk itulah, software restoran dari Ventrasys telah dilengkapi dengan modul Kitchen Printout. Dengan modul ini, bagian front liners cukup memilih order menu yang dipesan oleh tamu restoran, lalu secara otomatis mini printer yang diletakkan di bagian dapur akan mencetak menu-menu yang telah diorder tersebut.

Modul Kitchen Printout ini juga memungkinkan adanya Split Menu Printout. Apakah itu?

Biasanya, untuk menu yang dikategorikan makanan (food) akan dimasak di kitchen. Sedangkan untuk menu yang dikategorikan sebagai minuman (beverages) akan disiapkan di bar. Seringkali, bar dan kitchen ini dipisah dan terletak di lokasi yang berbeda. Misalnya, kitchen di lantai tiga, sedangkan bar di lantai 1.

Nah, fitur Split Menu Printout ini memungkinkan menu-menu yang termasuk kategori "food" hanya dicetak di kitchen, sedangkan menu-menu yang termasuk kategori "beverages" dicetak di bar. Dengan demikian, management dapur dan bar akan lebih teratur.

Apakah hanya sampai disitu saja? Tentu tidak.

Kitchen Module dari software restoran kami telah dikembangkan sedemikian rupa hingga apa yang kita sebut sebagai Kitchen Monitoring. Ini adalah fasilitas yang memerlukan layar komputer di dapur Anda. Menu yang diinput dari cashier atau waitress akan ditampilkan sesuai urutannya (bisa kita atur, apakah berdasar abjad atau urutan order) melalui layar komputer ini.

Setiap menu yang telah selesai dimasak, maka kitchen staff hanya perlu menekan enter di urutan menu yang telah selesai dimasak tersebut. Hal tersebut menandakan bahwa menu tersebut telah "served". Di tampilan Point Of Sale depan juga akan muncul informasi bahwa menu yang dimaksud telah selesai dimasak, lengkap dengan keterangan waktunya.

Anda juga dapat melakukan setting tertentu, misalnya jika menu yang masuk belum juga dimasak dalam waktu (misal) 5 menit, maka warnanya akan berubah menjadi merah, pertanda bahwa menu tersebut harus segera dimasak. Dengan demikian, kitchen staff akan selalu bisa mengetahui prioritas menu-menu apa saja yang harus segera dimasak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar