Bila Penjualan Restaurant Tidak Mencapai Target

Apa yang harus kita lakukan jika penjualan restoran kita tidak mencapai target? Kita dapat melakukan trace back atau evaluasi ke hal-hal berikut:

1. Kesalahan segmentasi.

Cari tahu apakah pengunjung yang datang sekarang sesuai dengan segmentasi yang kita inginkan.

2. Kesalahan produk.

Evaluasi dari sales history apakah ada produk yang sama sekali tidak terjual, perhatikan pola produk yang terjual dengan yang tidak terjual, ketahui lebih dalam karakteristiknya, misalnya yang laku adalah makanan tradisional, harga 15-20 ribu, apakah yang makan keluarga atau pasangan kencan, dan lain-lain.

3. Harga.

Cari tahu apakah harga Anda kemahalan sehingga dihindari, atau terlalu murah sehingga meragukan. Bandingkan juga dengan kompetitor Anda.

4. Aktifitas kompetitor.

Cari tahu ketika penjualan Anda menurun, apakah ada atau tidak kegiatan yang sedang dilakukan kompetitor.

5. Situasi lingkungan.

Apakah ada pengaruh lingkungan seperti libur anak sekolah sehingga resto Anda sepi?

6. Lokasi.

Bagaimana dengan tingkat kunjungan, apakah semakin naik atau tidak setiap bulannya? Apakah orang semakin aware atau sadar akan keberadaan restoran Anda? Lakukan riset kecil kepada pelanggan.

Sumber:
Bpk. Anke Dwi Saputro
Praktisi Pemasaran dari MarkPlus & Co.
Dikutip dari: www.priuk.com
Forum Kuliner Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar