Sejarah Singkat Restaurant Point Of Sales

Apakah Anda mengenal Eugene Mosher? Bisa dibilang, orang inilah "sang penemu" software point of sale untuk restoran. Beginilah ceritanya secara singkat.

Pada tahun 1979, ada sebuah cafe di Syracuse, New York, yang bernama Old Canal Cafe. Nah, Eugene Mosher ini adalah pemilik dari cafe tersebut. Dia pertama kali menggunakan software POS yang ia kembangkan di komputer Apple II. Mosher mengembangkan software point of sale (yang pada saat itu hanya tersedia untuk industri retail) untuk memenuhi kebutuhan restorannya.

Eugene Mosher ini adalah lulusan tahun 1966 dari Xaverius College di Borgerhaurt, Belgia. Dia juga menerima gelar sarjana dalam bidang Social Anthropology dari The State University of New York pada tahun 1972.

Software yang ia kembangkan memungkinkan ia untuk melakukan order menu dari depan (kasir), dan kemudian menu yang diorder tersebut dicetak secara detil di printer dapur. Bahkan, pada saat itu, software point of sale yang ia kembangkan telah memiliki real-time labor dan food cost reports.

Mosher menjual bisnis restorannya pada tahun 1984 dan pindah ke Oregon, dimana ia pertama kali mengembangkan Graphic User Interface (GUI) dengan fitur touchscreen. Jadi, bisa dibilang orang inilah yang juga pertama kali menciptakan fitur touchscreen untuk software restoran.

Sumber: Wikipedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar