Penerapan Teknologi E-Menu di Restoran

Apa teknologi E-menu itu?

Secara ringkas, teknologi e-menu adalah teknologi yang memungkinkan customer restoran memesan menu (order) langsung dari layar Touch Screen di meja pelanggan, sehingga tidak perlu lagi memanggil waitress untuk mencatat menu.

Tamu restaurant bisa langsung memilih gambar-gambar menu yang diinginkan di sebuah monitor di hadapan mereka, dan menu tersebut akan langsung terkoneksi ke bagian kitchen.

Praktis bukan?

Kalau sebelumnya restoran-restoran menggunakan PDA untuk mempercepat order, bahkan sekarang teknologi E-menu ini sendiri bahkan lebih praktis lagi.

Teknologi software restoran seperti ini telah mulai digunakan di negara-negara seperti Amerika, Eropa, dan Jepang. Menurut pengakuan pengembang teknologi e-menu asal Israel, Conceptic, mereka telah mengimplementasikan software ini di restoran-restoran di Perancis, Afrika Selatan, dan Belgia.

Mereka juga berencana mengembangkan teknologi ini hingga ke versi website, dimana pelanggan dapat memesan menu dengan menggunakan laptop, PDA, atau handphone via internet WiFi restoran.

Tidak mau kalah, raksasa perusahaan software Microsoft juga membuat teknologi serupa bernama Microsoft Surface. Seluruh meja dapat diubah menjadi layar sentuh, sehingga pelanggan dapat memesan menu langsung dari situ, memutar musik, bahkan bermain game!

Walaupun untuk saat ini belum banyak restoran di Indonesia (malah mungkin belum ada sama sekali) yang memakai teknologi e-menu ini, tetapi di masa depan sangat mungkin teknologi ini akan menjadi trend, terutama bagi resto-resto kelas premium.

Untuk saat ini, rasanya teknologi ini masih belum tepat timingnya untuk digunakan di resto-resto di Indonesia.

Pertama, dari segi investasi memang masih sangat mahal, sedangkan belum ada efek signifikan ke peningkatan omset penjualan. Kedua, tidak semua pelanggan restoran di Indonesia familiar dengan teknologi ini. Ketiga, hal ini ditakutkan akan mengurangi penggunaan SDM restoran, yang artinya kurang menyerap tenaga kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar