Restaurant POS Peripheral: Mini Printer Epson TM-U220

Kali ini saya akan kembali membahas secara singkat salah satu komponen hardware yang mendukung penggunaan software kasir restoran Anda. Jika sebelumnya saya telah memberikan artikel mengenai layar monitor Prolink Touch Screen, kali ini yang akan saya bahas adalah mini printer Epson TM-U220.

Untuk industri hospitality dan retail, mini printer terutama digunakan untuk mencetak bill (receipt). Khususnya untuk restoran dan cafe, mini printer selain digunakan untuk mencetak bill juga bisa digunakan untuk mencetak checker menu yang dipesan tamu, ataupun untuk print out di kitchen.

Salah satu mini printer yang banyak digunakan untuk perlengkapan Point Of Sales adalah Epson TM-U220 ini. Printer ini tersedia untuk jenis auto-cutter maupun non auto-cutter. Biasanya, untuk penggunaan print out dapur, yang digunakan adalah yang jenis auto-cutter, karena akan lebih praktis.

Hasil cetakan yang dihasilkan adalah dot matrix, bukan thermal, sehingga cocok untuk bill rangkap. Pihak Epson juga mengklaim bahwa series TM-U220 ini bekerja 30% lebih cepat dibandingkan dengan seri TM-U200.

Software restoran Solis Resto dapat digunakan secara compatible dengan printer ini.

2 komentar:

  1. masih kalah bagus dengan Samsung Bixolon SRP-275 Pak...saya sudah buktikan...karena kebetulan hotel kami saat ini sedang menggunakannya...SRP-275 lebih cepat (terbukti), suaranya tidak begitu berisik dibanding Epson TM-U220 dan harga lebih murah dari Epson...coba buktikan sendiri Pak. :D

    BalasHapus
  2. Wah, makasih banget nih info nya Bung Kodil. Emang rencana nanti2 akan dibahas juga yang printer Samsung Bixolon, soalnya banyak juga klien kami yang pake printer Samsung.

    Ditunggu lagi Bung Kodil, info2 berguna lainnya. Kalau Anda punya artikel2 terkait lainnya seputar hospitality POS, boleh kirim ke saya, ntar di artikel tersebut saya pasti kasih link ke blog Anda. ;)

    BalasHapus