Penggunaan Point Of Sale Restoran Secara Multistation

Mungkin ada di antara Anda yang bertanya, "Apa itu pemasangan software restoran secara multistation?". Secara sederhana, maksud dari penggunaan POS multistation adalah mengaplikasikan lebih dari satu sistem Point Of Sale di restoran Anda, untuk membuat proses order menu menjadi lebih cepat dan lebih efisien.

Biasanya, jika sebuah restaurant ingin menggunakan sebuah software untuk mengatur operasionalnya, setidak-tidaknya restoran tersebut akan menggunakan satu buah POS sebagai sistem billing kasir dan untuk mempermudah transaksi di restoran, seperti order menu, cetak bill, pembayaran, dan lain-lain.

Tujuan utama penggunaan multistation POS di restoran adalah untuk mempermudah dan mempercepat order menu. Beberapa pertimbangan memasang beberapa station Point Of Sale sekaligus adalah:

1. Luas restoran.
Untuk restoran yang ukurannya kecil, mungkin satu POS saja sudah cukup memadai untuk merangkap sebagai sistem kasir dan order menu. Namun, untuk restoran atau cafe yang cukup luas, maka waitress akan kerepotan jika harus selalu mengantar order form ke meja kasir.

Dengan memasang lebih dari satu station Point Of Sale, maka waitress dapat melakukan input order sendiri, tanpa harus repot-repot ke meja kasir. Hal ini terutama akan sangat membantu untuk jenis restoran yang memiliki lebih dari satu lantai, karena waitress tidak perlu naik turun tangga hanya untuk mengantarkan order form ke kasir.

2. Tingkat keramaian restoran.
Jika seandainya restoran atau cafe Anda tidak terlalu luas, tetapi sangat ramai, maka dapat dipertimbangkan juga untuk memasang lebih dari satu Point Of Sale. Hal ini akan membantu kerja waitress lebih efektif, karena waktu mereka tidak dihabiskan untuk mengantar order form ke kasir.

Penggunaan multistation POS seperti ini juga memudahkan kerja kasir, karena tugas kasir lebih difokuskan untuk mencetak bill dan menerima pembayaran. Dalam keadaan restoran yang ramai, Kasir akan cukup kewalahan jika harus merangkap sebagai input order dan juga cetak bill, sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya human-errors.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar