Tiga Aspek Penting Aplikasi Restoran yang Integrated

Sistem manajemen berbasis komputer telah digunakan di hampir semua jenis industri, tidak terkecuali adalah restaraunt dan F&B. Pemakaian teknologi komputer untuk pengaturan management sebuah restoran, atau yang biasa disebut juga dengan restaurant software, secara umum dapat dibagi dalam 3 modul, yaitu:

1. Modul Point Of Sale (POS)
2. Modul Inventory
3. Modul Costing

Penggunaan modul-modul ini dalam sebuah software restoran dapat membuat keseluruhan operasional berjalan lebih lancar dan efisien.

Point Of Sale (POS)

POS merupakan modul yang mengotomatisasikan fungsi-fungsi dalam operasional restoran yang berhubungan dengan pembayaran atau transaksi. Fungsi-fungsi umum itu antara lain adalah guest check in (pax), menu ordering, cetak bill, dan sebagainya.

Jumlah titik POS yang diinstalasikan tergantung dari luas restoran itu sendiri. Sebuah cafe kecil cukup memasang satu titik POS, sedangkan restoran yang luas dapat memasang aplikasi POS hingga beberapa titik.

Tujuan utama pemakaian POS adalah untuk kepuasan tamu restoran atas kecepatan layanan yang diberikan, sehingga sebuah POS restoranm haruslah intuitif dan mudah digunakan.

Restaurant Inventory

Secara sederhana, modul inventory adalah sejenis database yang mencatat data-data keluar masuk barang-barang di restoran Anda. Modul ini berfungsi membantu Anda mengetahui bahan-bahan apa saja yang terpakai, jumlah pemakaian, tanggal pemakaian, diambil dari gudang apa, dan sebagainya.

Inventory system juga membantu Anda mengetahui stok dari barang-barang yang sudah dibawah batas minimum level, sehingga mencegah restoran Anda kehabisan stok. Khusus untuk hal ini, sistem inventory software Solis Resto akan secara otomatis memberikan reminder berupa pop-up yang memberitahukan stok yang telah melewati batas minimum.

Restaurant Costing

Modul costing membantu Anda mengetahui kisaran biaya yang diperlukan untuk menciptakan sebuah menu (food cost). Dengan mengetahui food cost, maka modul ini akan memudahkan Anda menentukan harga jual yang sekiranya pantas dan cukup untuk profit.

Software Aplikasi Restaurant Solis Resto dari VentraSys menyediakan ketiga modul utama tersebut bagi Anda yang menginginkan management resto yang lebih efisien. Namun tidak setiap restoran harus menggunakan ketiga modul tersebut sekaligus, karena modul-modul tersebut dapat dipilih disesuaikan dengan kebutuhan restoran atau cafe Anda.

1 komentar: