Waktu Ideal untuk Mempersiapkan System POS dir Restaurant Anda

Menjelang pembukaan sebuah restoran atau cafe, banyak hal-hal yang harus dikerjakan oleh owner atau manager yang menangani restoran tersebut. Mulai dari interior, mempersiapkan peralatan dapur, training karyawan, test food, dan setumpuk pekerjaan lainnya. Tidak aneh jika opening sebuah restoran seringkali molor dari tenggat waktu yang ditetapkan.

Salah satu hal yang mesti disiapkan adalah sistem operasional management restoran, yaitu sistem POS yang akan digunakan nanti. Berbicara sistem POS, hal ini tidak hanya mencakup software restorannya saja, tetapi juga persiapan hardware dan networking.

Permasalahan di lapangan yang sering kami hadapi dalam instalasi aplikasi software restoran kami beserta keseluruhan sistemnya adalah pihak restoran seringkali menempatkan urusan POS di bagian akhir, atau ketika restoran sudah mau buka. Tentu saja, hal ini kurang efektif, karena pekerjaan akan menjadi terburu-buru.

Ada juga resto yang openingnya masih lama, tetapi sudah mulai training penggunaan software POS kepada kasir restoran dan karyawan lainnya. Hal ini juga kurang efektif, karena jika training pemakaian software dilakukan terlalu dini, maka nanti ketika opening biasanya sudah lupa apa saja yang ditraining.

Jadi, kapan sebaiknya pengerjaan instalasi software dan sistem POS restoran ini dikerjakan?

Dari pengalaman kami, jika restoran tersebut hanya menggunakan satu atau dua station POS saja untuk billing kasir dan order (tanpa modul inventory dan food cost), maka seminggu sebelum opening sudah boleh mulai dikerjakan.

Namun, jika yang dibutuhkan cukup kompleks, dengan jumlah station order POS yang cukup banyak, ditambah pemakaian modul inventory dan purchasing, maka setidak-tidaknya dua minggu sebelum opening sudah harus mulai dikerjakan. Karena, banyak pekerjaan yang harus dilakukan jika sudah berbicara hingga inventory, antara lain memasukkan data-data BOM, bahan-bahan, daftar supplier, dan lain-lain.

Kesimpulannya, jika terlalu cepat mempersiapkan sistem restaurant POS Anda, maka ketika opening nanti biasanya karyawan sudah lupa cara pemakaiannya. Tetapi, jika terlalu lama mempersiapkannya, juga tidak baik karena waktunya sudah mepet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar