Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Touchscreen (Part 1)

Kali ini, VentraSys sebagai provider software restoran yang berteknologi touchscreen ingin sharing artikel mengenai teknologi ini. Namun, topik touchscreen yang dibahas disini tidak hanya terbatas pada touchscreen dalam aplikasi Point Of Sale restoran saja, tetapi lebih umum.

Saat ini, sudah menjadi hal biasa bagi kita untuk melihat berbagai device, baik itu notebook, handphone, maupun layar PC, menggunakan teknologi touchscreen.

Teknologi touchscreen adalah suatu display/ layar yang digunakan untuk mengetahui keberadaan dan lokasi suatu "sentuhan" di dalam suatu area. Terminologi ini mengacu kepada kontak atau sentuhan pada layar dengan menggunakan jari atau tangan. Teknologi ini juga bisa mengetahui sentuhan dari obyek pasif seperti stylus dan sejenisnya.

Sampai awal tahun 80-an, teknologi touchscreen hanya bisa mengenali satu titik sentuhan, tapi dalam perkembangannya sekarang bisa mengenali beberapa titik sentuhan (multi-touch). Contoh yang terbaru adalah produk terkenal dari Apple berupa iPhone maupun MacBook Air di touchpad-nya.

Cara kerja touchscreen pun sebenarnya cukup mudah. Setiap kali kita menyentuh layar tersebut akan terjadi perubahan state (status) pada layar yang kemudian akan dipahami oleh software untuk diterjemahkan menjadi suatu informasi.

Device yang memanfaatkan touchscreen akan memberikan kemudahan dan kecepatan akses bagi penggunanya. Kita tidak perlu repot untuk mencari tombol pada keyboard/ keypad dalam mengeksekusi sebuah perintah. Pengguna yang sudah terbiasa, akan secara optimal mengakses menu-menu yang sering digunakan sehingga proses keseluruhan akan lebih cepat.

Beberapa contoh penerapan pada notebook/ PC ataupun handphone, menu-menu utama akan lebih mudah diakses. Notebook jenis tablet atau layar PC touchscreen pada ATM/ vending machine/ kiosk sangat terbantu dalam hal ini. Menu sudah disusun sedemikian rupa sehingga pengguna tidak perlu banyak berpikir, langsung menyentuh pada layar dan perintah akan segera dieksekusi.

Sumber:
Surahyo Sumarsono
Praktisi IT
blog: http://surahyo.blogspot.com/

1 komentar:

  1. Salam kenal dari MainExcel. Mantap nih entrinya..

    BalasHapus