Pertimbangan - Pertimbangan Sebelum Membeli Software Restoran

Software restoran sangat penting jika Anda ingin membuka sebuah restoran atau cafe. Bagi orang-orang yang masih awam atau yang baru pertama kali terjun ke industri restoran, mungkin kurang begitu familiar dengan teknologi seperti ini.

Untuk itulah kali ini saya ingin sedikit berbagi tips mengenai apa-apa saja yang perlu dijadikan pertimbangan utama Anda ketika hendak memutuskan untuk membeli sebuah Point Of Sale untuk restoran Anda.

Fitur-fitur yang terdapat dalam software restoran.
Software restoran dengan fitur yang tercanggih dan terlengkap belum tentu merupakan pilihan yang paling baik. Seringkali, fitur yang terlalu canggih dan lengkap ini malah menjadi "senjata makan tuan", alias menjadi sulit digunakan.

Tetapi, sebaiknya Anda juga jangan hanya melihat fitur-fiturnya secara dari "kulitnya" saja. Secara umum, memang hampir semua software restoran memiliki fitur-fitur yang serupa. Lihat fitur-fiturnya secara detail, apakah bisa melakukan fungsi-fungsi khusus yang Anda butuhkan. Pilihlah software dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan yang paling canggih atau yang paling lengkap.

Vendor yang menjualnya.
Apakah perusahaan yang menjualnya spesialis dalam software restoran? Apakah vendor tersebut telah memiliki software siap pakai, atau malah harus develop lagi dari awal? Yang lebih buruk lagi, apakah vendor tersebut sama sekali bukan perusahaan, melainkan hanya independent software developer?

Pilihlah vendor yang memang sudah memiliki produk jadi yang spesialis dalam software restoran. Jika Anda memilih vendor yang belum memiliki produk jadi, artinya Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mulai pengembangan software tersebut dari nol. Belum lagi software tersebut harus menjalani trial dan error dulu, sehingga cukup beresiko.

After-sales service.
Operasional yang cepat adalah hal yang sangat penting dalam bisnis restoran. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa vendor Anda memiliki tim after-sales service yang dapat mengatasi masalah dengan software POS yang Anda beli seandainya tiba-tiba terjadi masalah. Kalau perlu, kunjungi langsung salah satu klien mereka dan tanyakan secara langsung bagaimana mereka dilayani selama ini.

Kemudahan pemakaian.
Tidak ada gunanya membeli sistem POS restoran yang super canggih tetapi tidak bisa atau sulit digunakan oleh kasir atau waitress restoran Anda. Pastikan terlebih dahulu bahwa software yang akan Anda beli itu mudah dimengerti, mudah digunakan, dan mudah dalam melakukan pengaturan-pengaturan. Kalau perlu, coba langsung software tersebut ketika sales representative dari vendor yang bersangkutan sedang mempresentasikannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar