Login POS Menggunakan Touch Screen atau ID Swipe Card?

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, untuk alasan security, setiap orang yang nantinya akan menggunakan software kasir atau point of sale di restoran Anda harus dibuatkan ID terlebih dahulu. Artinya, masing-masing user akan memiliki username dan passwordnya masing-masing.

Ada beberapa cara untuk dapat melakukan login. Jika software restoran Anda menggunakan hardware yang memakai keyboard dan mouse, maka login dilakukan dengan mengetik langsung username dan password si user dari keyboard. Selain cara tersebut, masih ada dua cara lainnya yang lazim digunakan saat ini, dan berikut adalah pembahasan lebih lanjutnya.

Login ke POS dengan touchscreen.
Karena sudah mulai banyak restaurant yang menggunakan hardware integrated untuk mengoperasikan software restorannya, maka teknik login tidak bisa lagi memakai keyboard.

User seperti kasir atau waitress akan langsung menekan tombol-tombol di layar (touchscreen) yang biasanya berupa angka-angka atau huruf-huruf tertentu untuk memasukkan user ID dan passwordnya.

Cara ini tentunya lebih cepat dan lebih praktis ketimbang mengetikkannya dari keyboard. Namun, cara login seperti ini tentunya juga masih memiliki kelemahan. Misalnya, bisa saja ada karyawan lain di restoran Anda yang sengaja "mencontek" ID yang diketikkan oleh karyawan lain, dan kemudian menggunakannya secara tidak bertanggung jawab.

Login ke POS dengan ID Swipe Card.
Alternatif lain adalah dengan menggunakan ID swipe card. Masing-masing user akan diberikan sebuah kartu ID magnetic, yang mana di dalamnya telah tersimpan informasi dari masing-masing user dari kartu tersebut.

Ketika ingin login, misalnya manager restaurant ingin melakukan cancel menu, maka cukup dengan menggesekan kartu tersebut di MSR (Magnetic Strip Reader), maka sistem akan secara otomatis mendeteksi username dan password dari pengguna kartu tersebut, tanpa harus si manager mengetikkannya lagi.

Cara login seperti ini dinilai lebih praktis dan lebih aman ketimbang mengetikkan langsung dengan cara touchscreen. Lebih praktis karena hanya perlu menggesek langsung, tanpa harus diketika lagi, dan lebih aman karena dapat mencegah karyawan lain "mencontek" user ID Anda.

1 komentar:

  1. wah kalo system pos kami dah pake system smartcard pak dan dilengkapi touchscreen langsung...untuk mesin pos nya..made in dewe, simple dan gampang dipindah-pindah, koneksi wireless untuk konek ke servernya langsung... :))

    BalasHapus