Persiapan-Persiapan untuk Software Restoran Anda

Ada persiapan-persiapan yang harus Anda siapkan sebelum menggunakan software restoran Anda. Persiapan-persiapan yang saya maksud disini adalah data-data apa saja yang harus Anda siapkan yang nantinya akan dimasukkan ke dalam software tersebut (data entry). Jika Anda tidak melakukannya, maka hal ini nantinya dapat menghambat efektifitas operasional restoran Anda. Berikut adalah data-data yang umumnya dipersiapkan terlebih dahulu untuk software restoran Anda.

Daftar menu di restoran Anda.
Tentu saja, data yang berisi menu-menu yang dijual di restoran Anda merupakan yang paling vital, karena inilah yang Anda jual di POS Anda. Data menu biasanya terdiri dari nama menu, gambar menu, dan harga menu. Siapkan list menu-menu yang Anda jual beserta informasi detailnya terlebih dahulu sebelum software Anda diimplementasikan.

Pembagian kategori dan sub-kategori menu.
Banyaknya menu-menu yang Anda jual perlu dikelompokkan menjadi kategori-kategori menu. Jika semua menu digabung menjadi satu dan tidak dikategorikan, maka akan membingungkan nantinya. Pikirkan terlebih dahulu pembagian kategori-kategori dan sub-kategori menu Anda, sehingga nanti memudahkan kasir dan waitress dalam input order.

Daftar barang-barang atau inventory.

Hal ini hanya berlaku jika Anda juga membeli modul inventory. Jika Anda ingin mengatur sistem inventory di restoran Anda secara computerized juga, maka Anda perlu mendaftar semua barang-barang yang terdapat di restoran Anda, mulai dari yang terkecil seperti sedotan, sendok, piring, garam, kecap, hingga yang besar seperti daging, beras, minyak goreng, dan lain-lain.

Daftar resep atau Bill Of Material (BOM).
Ini juga berlaku hanya jika Anda menggunakan modul inventory. Agar stok dapat berkurang secara otomatis untuk setiap menu yang terjual, maka Anda perlu membuat terlebih dahulu resep atau BOM dari masing-masing menu. Misalnya untuk satu porsi nasi goreng akan menghabiskan nasi 500 gram, kecap 5 ml, garam 1 sendok teh, daging ayam 5 gram, dan seterusnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar