Part 2: Surprise Your Restaurant Guests! Promosi Gratis dan Ampuh

Seperti janji kami di posting sebelumnya, kali ini VentraSys provider software restaurant Indonesian-Made akan melanjutkan tips-tips "Surprise Your Restaurant Guests" yang kami dapatkan dari konsultan restoran Restoclinic.com.

1. Pahami customer Anda

Siapa mayoritas customer Anda? Apakah family? Eksekutif? Kawula muda?

Kemudian perhatikan perilaku mereka dan jika perlu tanya apa yang menjadi kegiatan, kesukaan dan ketidaksukaan mereka. Intinya, Anda bisa memahami customer Anda dengan baik agar "Penciptaan Kejutan" mengena kepada customer Anda.

2. Buat program "Kejutan & Spontanitas"

Membuat program tidak harus berbiaya mahal. Sekali lagi kejutan dan spontanitas yang tulus akan efektif. Berikut contoh sebagai inspirasi:

a. Free lunch or dinner, untuk customer yang cukup sering berkunjung. Saat ultah restoran, sewaktu customer meminta bill, katakan, "kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pelanggan lewat program ini".

b. Free take away for customer lover. Berikan take away snack atau menu kesayangan orang yang disayangi customer. Ini untuk customer restoran dengan pembelanjaan tertentu.

c. Perayaan ultah customer. Siapkan topi, CD lagu ultah, stiker met ultah ditempel di dada customer, terompet dan aksesoris lain. Mainkan alat tersebut dan abadikan dengan foto dan kirimkan bila perlu.

d. Undangan jadi juri menu baru. Undang customer Anda untuk memberikan penilaian terhadap menu baru dan beri nama menu itu dengan nama customer Anda jika perlu. Contoh: Nasi Goreng Prihandoko (berikan penjelasan menarik tentang menu itu di tent card).

e. Free chocolate or toys for kids. Berikan hadiah itu dengan kemasan manis kepada anak-anak. Lebih meriah lagi bingkisan diberikan oleh staff berkostum lucu diiringi musik ceria.

Sekali lagi, yang terpenting bukanlah contoh ide diatas, melainkan apa yang berada di belakang ide itu, yaitu seberapa jauh Anda bisa menciptakan ide "kejutan & spontanitas" yang tepat kepada customer sehingga menjadikan tujuan customer loyal dan mempromosikan restaurant Anda secara gratis kepada teman-temannya tercapai.

3. Koordinasi, atur pelaksanaannya, dan konsisten menjalankan.

Anda harus tulis dengan jelas program, mekanisme dan jadwalnya. Berikan briefing serta pastikan semua karyawan restoran mengerti dan paham. Berikan peran pada masing-masing karyawan Anda. Kemudian jalankan dengan konsisten!

Dan Anda akan melihat ekspresi kegirangan dari customer. :)

4. Evaluasi program Anda.

Evaluasi program yang Anda jalankan tiap menit, tiap jam dan tiap hari. Adakan perbaikan pada pos-pos yang kurang berjalan.

Selamat mencoba! ;)

Untuk pertanyaan dan saran, kunjungi www.restoclinic.com atau email ke ali@restoclinic.com. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar