Software Restoran untuk CRM?

Apa sih CRM itu?

CRM adalah kepanjangan dari Customer Relationship Management, yaitu cara-cara yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan pelanggan, mempertahankan pelanggan, dan meningkatkan repeat-order dari pelanggan yang sudah didapat.

Ketiga hal tersebut tentunya sangat penting dalam bisnis restoran agar bisa sukses. Lalu, bagaimana implementasi dari sebuah software restoran dapat membantu CRM sebuah restoran?

Jawabannya ada di Restaurant Customer Database yang biasanya tersedia dalam software yang diimplementasikan. Di dalam fitur ini tersimpan data-data penting dari pelanggan restoran ataupun member restoran Anda, mulai dari nama, tanggal lahir (ulang tahun), lokasi tempat tinggal, history kunjungan, history menu-menu yang dipesan, favorite menu, dan sebagainya.

Sangat informatif bukan?

Kalau fitur ini dimanfaatkan dengan baik dan maksimal, maka hal ini dapat menjadi langkah awal bagi Anda untuk menerapkan strategi CRM di restoran Anda. Anda dapat mempelajari trend customer Anda, favorite menu, hari-hari kedatangan khusus, personal information, dan sebagainya.

Contohnya, jika Bapak Joni datang ke restoran Anda untuk kesekian kalinya, dan dari data history Anda mengetahui bahwa beliau biasanya memesan soup buntut, maka Anda selalu dapat menawarkan menu ini sebagai upselling. Atau Anda bisa memberikan sebuah kartu ucapan selamat ulang tahun jika pada saat itu Pak Joni sedang ulang tahun.

Jadi, software restoran bukan melulu soal operasional. Jika digunakan secara maksimal, sebuah software restoran akan sangat membantu Anda dalam memikirkan strategi CRM yang pas untuk restoran Anda, yang ujung-ujungnya adalah meningkatkan penjualan restoran Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar