Jenis-Jenis Restaurant (Part 1)

Anda mungkin sering mendengar istilah-istilah yang mengkategorikan sebuah restoran, misalnya Fast Food, Fine Dining, Bistro, dan sebagainya, namun masih belum begitu paham pengertian dari masing-masing istilah tersebut.

Kali ini, dengan bantuan Wikipedia, saya akan mencoba sharing pengertian dari berbagai jenis restoran:

1. Fast Food Restaurant

Sesuai namanya, restoran fast food menekankan pada layanan yang cepat, praktis, dan relatif lebih murah dibandingkan pilihan-pilihan restoran lainnya. Menu biasanya dihidangkan dengan tatakan yang disposable (sekali pakai langsung buang). Restoran Fast Food ada yang berskala kecil dengan satu outlet sederhana, hingga yang memiliki rantai franchise yang besar, seperti McDonald.

2. Fast Casual-Dining Restaurant

Fast Casual-Dining Restaurant hampir mirip dengan restoran Fast Food, tetapi bedanya restoran tipe ini lebih memberikan jenis makanan yang lebih berkualitas dengan susana bersantap yang lebih nyaman, sehingga harganya juga relatif sedikit lebih mahal.

Restoran tipe ini hadir untuk menjembatani antara konsep restoran fast food dengan casual dining.

3. Family Style Restaurant

Restoran tipe ini memiliki menu dan harga yang sudah fix, dimana biasanya tamu yang datang duduk bersama di sebuah meja dengan beberapa jumlah tempat duduk. Pada umumnya, restoran jenis ini dioperasikan dan dijaga langsung oleh owner-nya dan anggota keluarga lainnya, atau hanya dengan sedikit karyawan (mom-and-pop business).

4. Casual Dining

Restoran casual dining menyediakan menu-menu dengan harga standard dan suasana bersantap casual (santai). Casual dining restaurant biasanya melayani dengan cara table service, kecuali buffet. Restoran ini juga biasanya memiliki bar terpisah yang menyediakan menu-menu bir dan beberapa menu wine. Entrepreneur Norman Brinker adalah penemu dari restoran casual dining.

5. Fine Dining

Fine Dining restaurant adalah restoran dengan full service yang memiliki kategori hidangan menu yang spesifik. Restoran tipe ini memiliki dekorasi yang high-taste, dengan staff yang terlatih dan berpengalaman, dan biasanya menggunakan seragam formal restoran.

Ada yang ingin menambahkan?

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar