Management Restoran Itu Mudah, Benarkah?

Banyak orang yang memulai bisnis restoran dengan pola pikir yang sederhana, yaitu karena bisnis restoran dipandang lebih mudah dijalankan dibanding bisnis-bisnis lain. Jika seseorang punya uang berlebih, sangat mungkin restoran adalah salah satu pilihan tempat mereka menginvestasikan uangnya. Contohnya, banyak artis yang mencoba berbisnis restoran sebagai investasi mereka.

Seringkali, seseorang yang ingin memulai bisnis restoran atau cafe berpikir bahwa ia hanya perlu cari tempat yang strategis, rasa yang enak, dan harga yang pantas. That's all.

Benarkah demikian?

Jika Anda bertanya kepada restaurant expert atau konsultan restoran, mereka akan mengatakan tidak demikian. Tidak mudah mengatur management sebuah restoran hingga bisa membuat restoran itu profitable dalam jangka panjang.

Anda bisa melihat banyak restoran yang memiliki tempat yang strategis, rasa enak, dan harga terjangkau kemudian tutup di tahun pertamanya. Ada juga restoran yang awal-awalnya ramai, tetapi entah kenapa mulai sepi di bulan-bulan berikutnya.

Sedangkan, disisi lain, ada juga restoran atau rumah makan yang letaknya tidak strategis, relatif tidak nyaman, tapi ramainya luar biasa. Semua orang tahu bahwa segelas kopi Starbucks itu lebih mahal dibanding kafe-kafe lain, tapi tetap saja Starbucks itu ramai. Jadi, tidak melulu harga, lokasi dan rasa adalah segala-galanya. Banyak aspek lain yang ikut menunjang kesuksesan sebuah restoran.

Jadi, sebelum Anda memulai bisnis restoran Anda, buang jauh-jauh terlebih dahulu pikiran bahwa me-manage sebuah restoran itu simpel dan mudah (kecuali mungkin kalau sudah expert). Ada baiknya kalau Anda berkonsultasi dengan konsultan restoran, karena keahlian dan pengalaman mereka akan banyak membantu Anda, mulai dari operasional, management, hingga perizinan.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda yang hendak memulai bisnis restoran. :)

1 komentar:

  1. Hi, thanks for posting my badge, really appreciate it. Have added you now, please check it out to make sure it is correct. I have checked, it links back to you.
    Thanks again.
    Colin

    BalasHapus