Pertimbangan Sebelum Anda Memilih Software dan Hardware Restaurant Point of Sale (Part 1)

Untuk menjalankan bisnis restoran yang sukses, tiga hal yang paling basic adalah:
1. Good location
2. Good food
3. Good service

Khusus untuk poin ketiga, hal yang berkaitan erat dengan Good Service adalah dengan mempertimbangkan menggunakan sistem Point Of Sale (POS) restoran, sehingga Anda dapat memberikan servis yang lebih cepat kepada tamu restoran dengan sedikit human-error.

Dalam memilih sebuah restaurant software, hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah fungsi-fungsi apa yang Anda butuhkan dari software tersebut. Sebuah sistem POS yang standard pada dasarnya sanggup melakukan fungsi-fungsi seperti melakukan billing per meja, tracking order berdasarkan server (pelayan), printout ke kicthen atau bar, dan laporan-laporan.

Setelah Anda memutuskan software restoran mana yang hendak Anda gunakan, tentunya di awal-awal pemakaian seluruh staff restoran Anda akan mengalami proses pembelajaran software tersebut. Memilih POS system yang easy-to-use akan menghemat banyak waktu Anda dalam proses pembelajaran ini.

Sebaiknya, sebelum Anda memutuskan untuk membeli, Anda meminta live demo dari vendor restaurant software tersebut. Ketika presentasi, ada baiknya Anda ikut mengumpulkan kasir, server, manager atau supervisor restoran, sehingga mereka bisa ikut melakukan tes pemakaian software tersebut.

Bersambung...


2 komentar: