Laba 150% Bisnis Restoran

Bisnis restoran tergolong usaha yang sangat menarik dan menjanjikan. Beberapa pebisnis restoran bahkan berani menyebutkan bahwa laba bisnis ini sangat besar, bisa mencapai 150% atau lebih. Bukan main! Tentunya laba sebesar itu hanya berlaku untuk restoran yang sudah sukses menjaring konsumen untuk menjadi pelanggan.

Untuk sukses, pertama-tama produk makanan yang dipilih sebaiknya sesuai selera maupun kebutuhan pasar. Lakukan riset pasar tentang makanan apa saja yang paling disukai, berapa kali membeli makanan tersebut, dimana jika hendak beli makanan itu dan informasi lain yang berkaitan.

Jika sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen, jadikan produk makanan anda ENAK dan UNIK agar bisa menembus pasaran. Makanan enak akan menarik pembeli untuk terus datang kembali dan menjadi pelanggan setia. Sedangkan unik berarti beda dalam bentuk penyajian, modifikasi resep makanan, pelayanan, atau apa saja yang bisa menarik perhatian pembeli.

Berikutnya, 3 faktor penentu kesuksesan restoran adalah lokasi, lokasi dan lokasi ;) Lokasi strategis sangat penting dalam bisnis ini karena karakter bisnis ini yang "dikunjungi" bukan mengunjungi konsumen. Cari lokasi yang benar-benar mewakili banyak konsumen, seperti dekat perkantoran, pasar, sekolah atau 'keramaian' lain yang potensial.

Tak kalah pentingnya adalah harga jual makanan. Bila terlalu mahal, konsumen akan menjauh. Dan bila terlalu murah, maka makanan itu akan dicap produk murahan yang tidak berkualitas, juga bisa mengurangi laba usaha.

Cara menentukan harga yang tepat? Lihat harga jual pesaing produk anda -tentunya dengan kualitas dan porsi makanan yang kira-kira sama. Kemudian, tetapkan harga jual produk anda sedikit lebih murah daripada harga jual mereka agar konsumen mau mencoba produk anda. Ingat, harga jual tersebut harus sudah mencakup biaya produksi dan laba.

Sumber:
http://www.dexton.adexindo.com/artikel-laba150-bisnis-restoran.html

Memulai Bisnis Restoran dari Nol (Part 2)

Ada banyak variasi dan pilihan jika dihadapkan pada Bisnis Restoran. Apa yang akan disajikan, kapan akan dibuka dan berapa dana yang harus disediakan sampai semuanya berjalan lancar. Menjalankannya sendiri atau belajar dari dan bekerjasama dengan seseorang yang lumayan/sudah berpengalaman.

Mendirikan sebuah Bisnis Restoran dan menjalankannya, membuka pintunya setiap pagi dan menjaganya agar tetap terbuka sepanjang tahun, sampai sukses membutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Apakah “Full Service” atau “Self Service” ataupun kombinasinya. Drive-thru, Walk-up atau Drive-in, Table-service, Kombinasi dengan Service-Counter, tipe pelayanan di Meja dan Buffet Service juga tersedia.

Apa yang ada di Menu atau Logo di piring saji akan memberikan karakter dan menjelaskan sebuah restoran dengan sangat jelas.

Untuk mereka yang menanyakan tentang “Pendanaan” dan darimana uang akan mengalir dari usaha ini, ada SEBELAS TIPS UNTUK PARA PEMILIK RESTAURANT KETIKA MEMPERTIMBANGKAN PERGADAIAN DAN/ATAU KREDIT :

* Ketahuilah Instrumen Kredit apa yang tidak dapat di negosiasikan dan bagaimana mereka berpengaruh terhadap bisnis Anda. (“Lease-transfer”; “Mortgage-assign”)
* Gunakan pasal-pasal yang protectif pada dokumen Anda untuk melindungi bunga anda.
* BACALAH SELALU KETENTUAN YANG SELALU DICETAK KECIL !!
* Kontrak berkekuatan hukum yang bersifat mengikat Anda dan pasal-pasal yang tidak memberikan anda keuntungan dapat, antara dihilangkan/dihapus dinegosiasikan atau didiskusikan sebelum menandatangani apapun.
* Pasal tambahan dan tanggal kontrak harus selalu di periksa
* Pasal Utama, tanggal dan waktu harus di perjelas
* Tulislah secara terperinci semua hal/tindakan yang akan diambil jika sesuatu terjadi di kemudian hari
* Hindari penegasan penjualan yang di ilegalkan.
* Pelajarilah klausul penerima
* Pengambil alihan “Foreclosures”
* Klausul Properti pribadi

Pastikan TIDAK ADA kesalahpahaman, kesalahpengertian, atau beban/kesulitan keuangan yang tidak perlu, sesuatu yang terlupakan atau penderitaan yang akan anda tanggung dikemudian hari. CARILAH BANTUAN!! SARAN PROFESIONAL SANGATLAH BERHARGA!! ANDA TIDAK AKAN MENYESALINYA !!

Anda dapat, antara memutuskan untuk berinvestasi atau meminjam uang untuk memulai dan memulai bisnis Anda.

Pertimbangkanlah secara matang sumber dan menspesifikasikan dengan lebih detail dari berbagai aspek perjanjian tsb dan pengaruhnya, implikasiny serta konsekuensinya akan sangat berpengaruh terhadap bisnis anda.

Apakah ini untuk jangka pendek, menengah atau panjang dan darimana uang itu berasal, pada kisaran ‘rate’/harga berapa?? Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu anda mengklarifikasi dan membawa kedepan semua hal-hal penting yang berkaitan dengan sumber dana..

Sumber pendanaan bisa termasuk: diri sendiri, keluarga, teman, rekan bisnis, dealer atau pabrik peralatan, organisasi bisnis. Jenis yang berbeda-beda juga tersedia untuk pengadaan dana. Bisnis restoran yang berbentuk dan berstruktur ‘PT’ akan membuat lebih mudah untuk mengamankan modal usaha anda.

Semoga artikel ini dapat memberikan Anda ketajaman akan bisnis Restoran yang sangat kompetitif ini, “business sense” yang kita semua butuhkan untuk bertahan dalam “Global Market Place” sekarang ini – terlebih lagi jika tidak kurang dari dari 25-33% dari semua Restoran dan Bisnis yang berkaitan dengan makanan, baik itu cabang maupun waralaba GAGAL dalam tahun pertamanya!!

Sekali lagi, Terima kasih kami ucapkan atas kesediaan anda membaca artikel ini dan besar harapan saya artikel kecil ini bisa menambah wawasan di dunia F&B untuk Anda!!

Sumber:

V. Hartono
Website Administrator of RestoSukses.com
Temukan semua strategi & tips rahasia bagaimana memulai bisnis resto dari nol.

Memulai Bisnis Restoran dari Nol (Part 1)

Industri Makanan & Minuman(F&B) atau Restaurant adalah sebuah industri yang Luar Biasa & hampir tidak pernah mati. Industri yang penuh potensi, prospek, berkembang dengan sangat cepat, dan merupakan Bisnis pembawa Kesuksesan bahkan Kemakmuran (tentu saja, jika direncanakan, dikelola dan dioperasikan dengan baik).

Bagaimanapun juga, sangat sedikit Bisnis Restaurant yang akhirnya Sukses. Kebanyakan Bisnis Restaurant gagal pada tahun pertama operasionalnya. Ada banyak opini dan alasan yang ada seperti mengapa hal ini dapat terjadi? Lebih dari 25-33% dari Industri Restoran menuutup usahanya dan mendeklarasikan kebangrutannya dibawah 12 bulan sejak operasional pertamanya.

Tentu saja ini sangat membuat para pebisnis makanan bertanya-tanya mengapa ini terjadi dan apa yang bisa kita lakukan untuk lebih mengerti Resiko, Tantangan, Sebab, Realitas dan Detail-detail yang rumit tentang membuka, menjalankan, dan sampai pada akhirnya mendapatkan Restaurant yang Sukses.

Dewasa ini sektor Bisnis Makanan semakin berkembang. Memiliki pengertian & filosofi mendasar dan penghargaan akan makanan, gaya hidup, terlebih ‘Dine Out’ dalam gambaran besar sangatlah penting dalam menuju kesuksesan sebuah Bisnis Restoran.

Setiap aspek dari bisnis dan operasional, kepuasan pelanggan, hubungan Profit & Lost, ukuran sistem kendali, standarisasi dan kebanggaan dari pemilik semuanya harus terlihat, sebagaimana kegigihan, ketangguhan, perhatian yang teliti akan detail dan setiap keputusan bahkan pada hal yang kecil sekalipun.

Beberapa dari aspek ini mencakup Manajemen Bisnis Umum (General Business Management), Administrasi, Organisasi, Pengawasan (Supervising), Pengendalian (Controlling), Prosedur Akuntansi, Pricing, Promosi, Kontrak dan Proteksi dan Asuransi, Regulasi Perpajakan dimana bisnis tsb berada & berfungsi.

Ada beberapa pemahaman dasar, mengapa Bisnis Restoran biasanya gagal. Dibawah ini hanyalah sebagian kecilnya :

- Ketidakmampuan beradaptasi terhadap Perubahan dan mengoptimalkan Peluang serta Persaingan

- Kurangnya Pengalaman

- Kurangnya Pengetahuan akan Bisnis Makanan dan Manajemen Operasional

- Kurangnya Pemahaman akan diri sendiri dan dan orang lain, kesulitan-kesulitan hubungan kerja, jiwa kepemimpinan dan Kemampuan Interpersonal yang sangat diperlukan dalam pekerjaan.

Bisnis Restoran selalu berubah, kompleks dan bukan tidak mungkin bisa “memakan” dan/ mengalahkan banyak pendatang baru yang tidak siap secara tak terduga. Banyak perusahaan makanan pendatang baru yang mencoba bergelut di bidang ini gagal dalam tahun pertamanya.

Bersambung...

Sumber:
V. Hartono
Website Administrator of RestoSukses.com

Menikmati Santap Siang di Restoran Buck Mee

Buck Mee Restaurant adalah salah satu resto yang menggunakan software restaurant Solis Resto dari VentraSys. Restoran ini menggunakan 1 POS untuk billing kasir, 2 POS sebagai order station, serta 3 kitchen dan bar printout.

Kali ini, saya ingin memberikan sedikit review dari restoran ini sebagai hasil dari makan siang saya beberapa hari lalu.

Restoran Buck Mee jika dibaca maka akan terdengar sama dengan "Bakmi", karena memang itulah kekuatan yang ingin ditonjolkan oleh restoran ini. Ketika pelayan restoran mengantarkan buku menu, maka Anda akan melihat banyak pilihan menu-menu bakmi yang menggugah selera.

Meskipun ingin menonjolkan kekuatannya sebagai resto bakmi, Buck Mee Restaurant tidak melupakan menu-menu lainnya. Sayangnya, saya lupa menu-menu bakmi apa saja yang tercantum.

Saya kemudian memesan satu porsi bakmi yang disertai pangsit, satu porsi es rumput laut, dan segelas lemon squash. Setelah memesan, waiter kemudian mencetak hasil orderan saya untuk dikonfirmasi ulang (print checker).

Tidak lama, pesanan saya pun diantar. Wow, porsinya lumayan banyak dan potongan daging ayam dan jamur yang diberikan juga cukup banyak. Ketika saya cicipi, tekstur bakminya cukup lembut, dan rasanya pas digabungkan dengan daging dan jamur.

Suasana restoran sendiri menurut saya cukup nyaman dan bersih, cocok sekali untuk makan siang bersama rekan bisnis/ kantor, karena banyak juga meja-meja yang disediakan untuk kapasitas banyak orang. Pelayanan oleh waitress juga profesional, ramah, dan responsif.

Yang paling membuat saya surprise adalah harganya yang menurut saya sangat terjangkau untuk kualitas yang didapat. Bayangkan, satu porsi bakmi + pangsit, satu porsi es rumput laut, dan segelas lemon squash, totalnya hanya sekitar Rp. 30,000-an! Memang waktu itu sedang diskon karena masih dalam suasana soft-opening. Namun, saya hitung-hitung, dalam harga normal pun masih tergolong sangat terjangkau.

Restoran ini juga sangat memperhatikan pelanggannya. Itulah sebabnya ketika saya selesai makan, pelayannya menyodorkan saya sebuah kuesioner kecil untuk mengetahui pendapat tamu yang sudah bersantap disitu. Nice job!

Bagi Anda yang sudah tidak sabar merasakan kelezatan bakmi dengan porsi besar dengan harga hemat, plus tempat yang nyaman dan layanan yang ramah, dapat segera mengunjungi Resto Buck Mee di:

Resto Buck Mee
Jl. Dr. Sahardjo 317 AA-AB Tebet
Jakarta Selatan
Telp: (021) 837 95 757
Fax: (021) 8370 6587

Bagaimana Software Restaurant dari VentraSys dapat Membantu Operasional Resto Anda (Part 2)

Lanjutan dari posting sebelumnya.

6. Kasir sering salah hitung total bill, terutama bila sedang ramai

Ini adalah masalah klasik jika menggunakan sistem manual. Dengan menggunakan sistem POS di restaurant Anda, maka permasalahan ini tidak perlu terjadi lagi. Setiap menu yang dipesan akan dihitung secara otomatis harganya oleh sistem kasir, sehingga harga total bill per meja lebih akurat.

7. Bingung berapa jumlah omset penjualan restoran sebenarnya

Dalam modul Back Office software restoran ini, Anda dapat melihat laporan penjualan dengan parameter-parameter yang detail. Anda dapat mengetahui penjualan harian, mingguan, bulanan, atau periode kapanpun yang Anda inginkan.

Laporan penjualan tersebut akan memberikan Anda informasi detail mengenai penjualan, detail menu yang terjual per bill, nama tamu dan nomor meja yang memesan, hari dan tanggal, waitress yang order, dan lain-lain.

8. Sulit melakukan evaluasi menu-menu fast-moving dan slow-moving

Jika Anda hendak mengetahui menu-menu apa saja yang penjualannya tinggi dengan yang penjualannya rendah, software resto dari VentraSys dapat membantu Anda. Dalam laporan penjualan menu, Anda dapat mengetahui top 10 ataupun top 20 menu yang terlaris dan yang terendah penjualannya. Untuk evaluasi yang lebih jelas, laporan juga disediakan dalam bentuk grafik.

9. Kewalahan mengatur stok/ inventory management di restaurant

Software restoran Solis Resto juga menyediakan modul tambahan yaitu Inventory Module. Dengan modul ini, Anda dapat melakukan setting BOM (resep) untuk masing-masing menu, sehingga diketahui bahan-bahan apa saja yang terpakai untuk setiap menu.

Modul ini juga akan menghasilkan laporan pemakaian bahan-bahan tersebut, sehingga Anda dapat melakukan tracking penggunaan bahan-bahan di restoran Anda.

10. Repot kalau harus membuat multiple program promo kepada customer

Jika Anda sedang giat melakukan program-program promo, misalnya Happy Hour, dengan cara manual (tidak menggunakan sistem POS), maka ada kemungkinan waitress atau kasir Anda lupa bahwa sedang ada program promo. Jika hal ini terjadi, maka kasir akan mengenakan harga normal (bukan harga promo) kepada customer. Tentu saja, hal ini dapat menimbulkan complain dari tamu di restaurant Anda.

Menggunakan aplikasi POS restoran dari VentraSys dapat mempermudah Anda dalam melakukan setting promo (discount scheme). Anda dapat setting berdasarkan jenis kategori menu yang akan didiskon, berdasarkan hari dan jam, jenis pelanggan, dll.

Setelah setting dilakukan, maka harga promo akan muncul secara otomatis di POS kasir ketika hendak cetak bill, tanpa perlu kasir mengingat-ingat apakah sedang ada promo atau tidak.

Bagaimana Software Restoran dari VentraSys dapat Membantu Operasional Resto Anda (Part 1)

Tujuan sebuah restoran atau cafe menggunakan sebuah sistem informasi management restoran (software restoran), entah itu hanya sebuah single POS system sebagai billing kasir, ataupun yang integrated hingga modul management restaurant inventory dan modul konsolidasi laporan, adalah untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam operasional restaurant.

Berikut adalah masalah-masalah yang umumnya muncul, dan bagaimana software restaurant Solis Resto dapat mengatasinya:

1. Tamu di restaurant sering komplain karena menu lama disiapkan

Penyebab proses order menu yang lambat bisa diminimalisasi dengan menggunakan printer di kitchen jika lokasi dapur jauh. Apa yang diorder oleh waitress, akan langsung tercetak otomatis di dapur yang bersangkutan, sehingga lebih cepat ketimbang waitress mengantarkan form order secara manual.

Selain itu, bisa juga menggunakan multiple POS station. Artinya, setelah waitress mencatat apa saja yang dipesan oleh tamu, waitress tersebut dapat menuju ke station POS terdekat untuk melakukan input order, tanpa harus mengantarnya ke meja kasir.

Dengan menggunakan software POS restaurant dari VentraSys, Anda dapat menggunakan multiple POS station sekaligus beserta printout di kitchen ataupun bar. Semuanya terkoneksi secara real-time untuk kecepatan operasional resto Anda.

2. Waitress sering bingung atau lupa kemana menu yang telah dimasak harus diantar

Setelah menu selesai dimasak oleh koki di kitchen, maka menu tersebut akan diserahkan kepada waitress untuk diantar kepada meja yang memesannya. Celakanya, waitress seringkali lupa meja mana yang memesan menu tersebut, apalagi jika restaurant sedang dalam keadaan ramai.

Dalam sistem POS Solis Resto, setiap menu yang diorder akan tercatat beserta dengan nomor meja yang memesannya. Printout untuk bagian dapur juga akan mencetak nomor meja yang memesan menu tersebut, sehingga kitchen staff selalu dapat memberitahu kepada waitress meja mana yang memesannya.

3. Sulit memantau keadaan restoran karena resto terlalu luas atau bertingkat-tingkat

Akan sulit bagi seorang owner, manager, ataupun supervisor untuk mengetahui keadaan restoran (ramai atau tidak, meja-meja mana yang terisi, reserved, kosong, dll) jika restoran yang dikelola berukuran luas, atau bertingkat-tingkat.

Dalam sistem Point Of Sale Solis Resto dari VentraSys, terdapat layout restoran beserta posisi dan nomor mejanya. Dari layout tersebut, dapat diketahui status masing-masing meja, berapa jumlah tamunya, menu apa saja yang diorder, jam berapa menu diorder, siapa pelayan yang melayani meja tersebut, dan lain-lain.

Restaurant layout monitoring dalam sistem POS ini tentunya sangat memudahkan owner atau manager untuk mendapatkan quick information dari keadaan restoran cukup dari depan layar komputer.

FAQ Software Restaurant dari VentraSys (Part 2)

Lanjutan dari artikel sebelumnya...

6. Restoran dan cafe apa saja yang telah menggunakan restaurant Point of Sale dari VentraSys?

Software restoran POS system dari Solis Resto telah banyak digunakan oleh berbagai restoran (family resto, seafood, fine dinning, etc.) dan cafe. Sebagian dari klien-klien kami dapat Anda lihat di sini.

7. Apakah software aplikasi resto dari VentraSys telah mendukung penggunaan Touch Screen POS?

Tentu saja. Agar kasir atau waitress nantinya dapat mengoperasikan sistem POS ini dengan cepat dan mudah, software ini telah compatible dengan hardware-hardware POS system yang berbasis Touch Screen.

8. Apa saja yang menjadi kelebihan-kelebihan dari restaurant POS system ini?

Dengan menggunakan bahasa Indonesia, software restoran ini akan jauh lebih mudah digunakan oleh staff restoran dan lebih cepat dipahami. Dapat digabungkan dengan PDA order sehingga membuat restoran atau cafe Anda terlihat profesional, dan tersedia laporan-laporan yang lengkap dan detail. Selebihnya dapat dibaca disini.

9. Dapatkan software management restoran ini membantu saya dalam mengatur stok?

Aplikasi sistem informasi restoran ini dilengkapi juga dengan modul optional yaitu modul Inventory dan Food Cost. Modul management inventory ini memotong stok bahan-bahan untuk setiap menu yang terjual dan menghasilkan laporan pemakaian bahan sehingga Anda dapat mengevaluasi pergerakan stok di restoran Anda.

10. Dapatkah program billing restoran ini mencegah kecurangan karyawan?

Tidak ada sistem yang dapat mencegah 100%, namun tentu saja menggunakan program billing restoran dari VentraSys akan sangat membantu mengurangi potensi kecurangan di resto atau cafe Anda. Dengan fitur multiple security level, setiap user yang akan melakukan (misalnya) cancel menu, discount bill, dll, maka harus memasukkan ID dan password masing-masing. Jika user tersebut tidak memiliki otorisasi, maka tidak akan dapat melakukan akses ke sistem POS.

FAQ Software Restaurant dari VentraSys (Part 1)

Sebagai salah satu provider software restoran di Indonesia, kami sering ditanya seputar aplikasi restaurant software yang kami jual, yaitu Solis Resto. Pertanyaan-pertanyaan yang kami dapatkan biasanya seputar fitur-fitur, harga, after-sales, POS hardware untuk Touch Screen, dan lain-lain.

Untuk itulah, kali ini VentraSys ingin menuliskan sebuah FAQ yang berisi pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan oleh visitor website kami. Mudah-mudahan, FAQ ini dapat memberikan gambaran mengenai layanan software cafe dan restoran kami.

1. Apakah software restoran Solis Resto hanya bisa digunakan untuk restaurant?

Betul, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk restaurant dan bisnis F&B serupa lainnya, seperti cafe, foodcourt, fast food restaurant, tetapi tidak dapat digunakan sebagai software retail. Hal ini dikarenakan memang ada perbedaan antara sistem POS untuk retail dan POS restoran.

2. Fitur-fitur apa saja yang terdapat dalam software management restoran ini?

Untuk modul Point Of Sale, yang biasanya dijadikan sistem billing kasir di restoran, telah dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap seperti discount per bill, discount per menu, split bill, join table, pindah meja, restaurant reservation, multiple payment, void bill dengan otorisasi, dan masih banyak lainnya.

Selengkapnya mengenai fitur-fitur POS restoran ini, Anda dapat request presentasi produk kami disini.

3. Saya sedang mencari program billing restoran yang simpel dan sederhana saja, apakah Solis Resto dapat memenuhinya?

Salah satu kelebihan software restoran ini adalah sifatnya yang fleksibel, karena terdiri dari modul-modul. Artinya, Anda dapat memilih sendiri modul-modul apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda hanya membutuhkan satu station sebagai billing system restoran, maka cukup membeli satu modul POS saja, dimana di dalamnya telah terdapat fitur-fitur seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya.

4. Berapa harga untuk POS restoran dari VentraSys?

Untuk harga, kami harus melihat kebutuhan modul yang Anda butuhkan, size restoran, dan banyak faktor lainnya. Jika Anda benar-benar membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami disini.

5. Apakah sistem POS resto ini dapat digabungkan dengan aplikasi PDA?

Tentu saja. Dengan menggunakan aplikasi restaurant Solis Resto, Anda dapat menggunakan PDA untuk melakukan order di restaurant atau cafe Anda. Hal ini akan membuat order menu lebih cepat dan terlihat lebih profesional.

Bersambung...

Sejarah dan Definisi Menu Restoran

Pada masa sebelum abad ke-18, daftar makanan yang ditulis sederhana, biasanya dipajang pada pintu restoran.

Daftar makanan yang singkat itu disebut “ESCRITEAU”. Beberapa saat kemudian, daftar makanan tersebut, daftar makanan tersebut berpindah tempat dari luar ke dalam restoran dan dipajangkan diatas meja makan. Ada kalanya masing-masing tamu pengunjung restoran disediakan satu lembar daftar makanan untuk memudahkan memilih makanan yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.

Restoran sebagai tempat makan kemudian makin populer, dan variasi makanan yang dicantumkan pada daftar tersebut makin lama makin banyak. Daftar makanan ini kemudian dikenal dengan nama “MENU”.

Akhirnya menu berfungsi sebagai daftar (catalogue) makanan yang dapat dipesan dan dinikmati saat itu juga. Pada tahun 1765 tuan “Boulagere” membuka sebuah restoran di Paris, dan memajang poster besar di depan restoran untuk mengumumkan makan yang disediakan pada hari tersebut.

Mungkin inilah kelahiran “Menu a’la carte” yang pertama, yang kemudian digunakan di berbagai restoran. Makin lama makin banyak perbaikan dan peningkatan dilakukan misalnya pada tata cara penulisan, seni penampilan, tata warna dan lain sebagainya.

Banyak seniman-seniman ternama diminta merancang penampilan menu sehingga nilai menu semakin lama semakin meningkat. Banyak orang menggandrungi sebuah hobby baru, yaitu mengumpulkan menu dari berbagai restoran bahkan membeli menu tersebut dengan harga yang cukup mahal. Itu semua semata-mata hanya dijadikan koleksi pribadi saja.

Sumber:
http://ilmuperhotelangratis.blogspot.com.


Penerapan Teknologi E-Menu di Restoran

Apa teknologi E-menu itu?

Secara ringkas, teknologi e-menu adalah teknologi yang memungkinkan customer restoran memesan menu (order) langsung dari layar Touch Screen di meja pelanggan, sehingga tidak perlu lagi memanggil waitress untuk mencatat menu.

Tamu restaurant bisa langsung memilih gambar-gambar menu yang diinginkan di sebuah monitor di hadapan mereka, dan menu tersebut akan langsung terkoneksi ke bagian kitchen.

Praktis bukan?

Kalau sebelumnya restoran-restoran menggunakan PDA untuk mempercepat order, bahkan sekarang teknologi E-menu ini sendiri bahkan lebih praktis lagi.

Teknologi software restoran seperti ini telah mulai digunakan di negara-negara seperti Amerika, Eropa, dan Jepang. Menurut pengakuan pengembang teknologi e-menu asal Israel, Conceptic, mereka telah mengimplementasikan software ini di restoran-restoran di Perancis, Afrika Selatan, dan Belgia.

Mereka juga berencana mengembangkan teknologi ini hingga ke versi website, dimana pelanggan dapat memesan menu dengan menggunakan laptop, PDA, atau handphone via internet WiFi restoran.

Tidak mau kalah, raksasa perusahaan software Microsoft juga membuat teknologi serupa bernama Microsoft Surface. Seluruh meja dapat diubah menjadi layar sentuh, sehingga pelanggan dapat memesan menu langsung dari situ, memutar musik, bahkan bermain game!

Walaupun untuk saat ini belum banyak restoran di Indonesia (malah mungkin belum ada sama sekali) yang memakai teknologi e-menu ini, tetapi di masa depan sangat mungkin teknologi ini akan menjadi trend, terutama bagi resto-resto kelas premium.

Untuk saat ini, rasanya teknologi ini masih belum tepat timingnya untuk digunakan di resto-resto di Indonesia.

Pertama, dari segi investasi memang masih sangat mahal, sedangkan belum ada efek signifikan ke peningkatan omset penjualan. Kedua, tidak semua pelanggan restoran di Indonesia familiar dengan teknologi ini. Ketiga, hal ini ditakutkan akan mengurangi penggunaan SDM restoran, yang artinya kurang menyerap tenaga kerja.

Restaurant POS System dapat Mempercepat Order?

Ada seorang teman pernah mengatakan bahwa dia pernah datang ke sebuah restoran seafood yang menggunakan software management restoran, tetapi tetap saja dia merasa bahwa layanan restoran ini kurang cepat.

Dia harus menunggu lama hingga menunya selesai dimasak. Dia kemudian berkata bahwa menggunakan software restaurant tidaklah menjamin makanan akan cepat selesai dihidangkan.

Betulkah demikian?

Perlu dijelaskan disini, menggunakan sebuah sistem Point Of Sale sebagai software kasir di restoran atau cafe Anda dapat mempercepat PROSES ORDER menu, bukannya proses memasak menu. Lamanya memasak menu tersebut tetap diserahkan kepada staff dapur. Sistem POS hanya mempercepat proses pengiriman dari kasir di depan ke dapur atau bar.

Untuk kasus restoran seafood, memang biasanya proses memasaknya lebih lama ketimbang menu-menu western food atau Indonesian food. Jadi, memang sudah lazim jika tamu restoran harus menunggu lebih lama jika makan di resto seafood, sekalipun restoran tersebut telah dibantu oleh software POS restoran untuk mempercepat proses ordernya.