Restoran Ayam Goreng Fatmawati: Terpercaya Dalam Rasa


Kali ini, VentraSys provider software restaurant Indonesian-Made (Solis Resto) kembali akan memberikan review profil dari sebuah restoran Indonesia yang sudah cukup terkenal, yaitu Restoran Ayam Goreng Fatmawati.

Sejarah Restoran Ayam Goreng Fatmawati

Perjalanan panjang Ayam Goreng Fatmawati telah ditoreh dalam sejarah pengabdian terhadap pelestarian Masakan Asli Indonesia. Bagaimana tidak, sejak tahun 1990, Ayam Goreng Fatmawati telah menjadi restoran besar pertama yang menyajikan masakan Nusantara dalam gencarnya serbuan makanan fast food dari mancanegara ke Bogor.

Masakan asli Indonesia memiliki cita rasa yang unik dan menyehatkan serta tidak membosankan walaupun dikonsumsi setiap hari. Terbukti dengan antusiasme masyarakat atas dibukanya beberapa cabang di Bogor, Jakarta, Cinere, dan beberapa tempat lainnya.

Setelah mengembangkan beberapa cabang di beberapa daerah, akhirnya Ibu Hj. Fatmawati, founder Ayam Goreng Fatmawati, mendapat support dari dua perempuan pengusaha, Ibu Dr. Ir. Erliza Hambali M.Si dan Ibu Hj. Ratna Permanik untuk lebih memperkuat posisi Masakan Indonesia sebagai tuan rumah di negerinya sendiri.

Diawali dengan membentuk badan hukum, PT. Ayam Goreng Fatmawati Indonesia pada tanggal 28 Januari 2000 dengan tujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, melestarikan masakan tradisional, melestarikan produk pengrajin lokal untuk peralatan restoran, menciptakan pasar bagi petani dan peternak lokal. Ayam Goreng Fatmawati dikembangkan dengan sistem franchise (waralaba), sehingga dapat memberikan kesempatan kepada investor untuk membuka restoran dengan sistem yang telah terbukti proven.

Keunikan Restoran Ayam Goreng Fatmawati

Restoran Ayam Goreng Fatmawati merupakan restoran cepat saji semi self-service (semi prasmanan) yang menyajikan berbagai masakan tradisional Indonesia dengan menu andalan Ayam Goreng Kuning dan Ayam Bakar yang diolah menggunakan berbagai rempah-rempah asli Indonesia secara khas sehingga tercipta Ayam Kuning dan Ayam Bakar dengan bumbu meresap sampai ke dalam tulang.

Pengolahan menggunakan rempah-rempah alami dan tanpa bahan pengisi (sizing) diterapkan pula untuk mengolah berbagai sajian istimewa lainnya, sehingga menu Restoran Ayam Goreng Fatmawati selalu menggugah selera dan bergizi.

Inovasi dan Pengembangan

Inovasi merupakan suatu keharusan bagi PT. AGFI. Dalam upaya untuk menciptakan standar menu Fatmawati, pada tahun 2001 PT. AGFI menghasilkan riset penggunaan bumbu instant alami. Menciptakan bumbu standar dengan bentuk serbuk (powder) yang sangat mudah digunakan dan lebih efisien.

Upaya menjalin komunikasi dengan konsumen dan pemilik outlet dilakukan PT. AGFI dengan meluncurkan website Restoran Ayam Goreng Fatmawati (www.fatmawati.com), sehingga masyarakat dapat mengakses berbagai informasi secara online tentang produk, franchise, berita terkini dan inovasi Restoran Ayam Goreng Fatmawati.

Proven Franchise System: Peluang untuk Para Investor

Konsep franchise Restoran Ayam Goreng Fatmawati dirancang untuk memberikan panduan, solusi dan alternatif bagi pengusaha dengan membuat Standard Operation Procedure (SOP) manajemen restoran, marketing dan promosi, SOP memasak, SOP karyawan, materi promosi, higiene dan sebagainya.

Selebihnya mengenai Frachise Opportunity dari Restoran Ayam Goreng Fatmawati dapat dilihat disini.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai restoran ini, Anda dapat membuka website resmi PT. AGFI di www.fatmawati.com. :)

Software Restoran untuk Membantu Management Inventory Resto

Salah satu alasan restaurant owner ingin menggunakan sebuah sistem software restoran yang terintegrasi adalah untuk membantu management pergerakan stok (inventory) bahan mentah di restoran atau cafenya. Memang tidak semua restoran menggunakan modul inventory ini, karena ada juga yang lebih memilih cara-cara manual.

Yang perlu ditekankan disini adalah bahwa sistem inventory yang terdapat dalam sebuah software restoran hanyalah bersifat membantu, tidak bisa 100% akurat. Tetapi setidak-tidaknya modul ini dapat membantu owner atau pihak management mendapatkan insight atau gambaran pergerakan stok di restoran.

Ketika mempresentasikan sofware restoran kami, sering ada klien yang bertanya: "Bagaimana dengan kalkulasi bahan-bahan yang sulit diukur, seperti penggunaan kecap, garam, gula, dan sebagainya?"

Untuk bahan-bahan seperti itu, memang sulit menghasilkan data pemakaian yang akurat. Meskipun kita telah men-setting sebelumnya bahwa (misal) satu porsi nasi goreng menggunakan setengah sendok teh garam, tetap saja pada praktek nyatanya bisa lebih dan bisa kurang. Apalagi, seorang koki biasanya memasak menggunakan feeling, bukan takaran pasti seperti itu.

Oleh karena itu, jika memang quantity dan nilainya tidak terlalu signifikan, tidak perlu dimasukkan ke dalam Bill Of Material. Anda dapat memasukkan bahan-bahan yang memang nilainya cukup tinggi dan quantity yang digunakan cukup jelas. Misalnya adalah penggunaan potongan daging sapi untuk menu steak Anda.

Part 2: Surprise Your Restaurant Guests! Promosi Gratis dan Ampuh

Seperti janji kami di posting sebelumnya, kali ini VentraSys provider software restaurant Indonesian-Made akan melanjutkan tips-tips "Surprise Your Restaurant Guests" yang kami dapatkan dari konsultan restoran Restoclinic.com.

1. Pahami customer Anda

Siapa mayoritas customer Anda? Apakah family? Eksekutif? Kawula muda?

Kemudian perhatikan perilaku mereka dan jika perlu tanya apa yang menjadi kegiatan, kesukaan dan ketidaksukaan mereka. Intinya, Anda bisa memahami customer Anda dengan baik agar "Penciptaan Kejutan" mengena kepada customer Anda.

2. Buat program "Kejutan & Spontanitas"

Membuat program tidak harus berbiaya mahal. Sekali lagi kejutan dan spontanitas yang tulus akan efektif. Berikut contoh sebagai inspirasi:

a. Free lunch or dinner, untuk customer yang cukup sering berkunjung. Saat ultah restoran, sewaktu customer meminta bill, katakan, "kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pelanggan lewat program ini".

b. Free take away for customer lover. Berikan take away snack atau menu kesayangan orang yang disayangi customer. Ini untuk customer restoran dengan pembelanjaan tertentu.

c. Perayaan ultah customer. Siapkan topi, CD lagu ultah, stiker met ultah ditempel di dada customer, terompet dan aksesoris lain. Mainkan alat tersebut dan abadikan dengan foto dan kirimkan bila perlu.

d. Undangan jadi juri menu baru. Undang customer Anda untuk memberikan penilaian terhadap menu baru dan beri nama menu itu dengan nama customer Anda jika perlu. Contoh: Nasi Goreng Prihandoko (berikan penjelasan menarik tentang menu itu di tent card).

e. Free chocolate or toys for kids. Berikan hadiah itu dengan kemasan manis kepada anak-anak. Lebih meriah lagi bingkisan diberikan oleh staff berkostum lucu diiringi musik ceria.

Sekali lagi, yang terpenting bukanlah contoh ide diatas, melainkan apa yang berada di belakang ide itu, yaitu seberapa jauh Anda bisa menciptakan ide "kejutan & spontanitas" yang tepat kepada customer sehingga menjadikan tujuan customer loyal dan mempromosikan restaurant Anda secara gratis kepada teman-temannya tercapai.

3. Koordinasi, atur pelaksanaannya, dan konsisten menjalankan.

Anda harus tulis dengan jelas program, mekanisme dan jadwalnya. Berikan briefing serta pastikan semua karyawan restoran mengerti dan paham. Berikan peran pada masing-masing karyawan Anda. Kemudian jalankan dengan konsisten!

Dan Anda akan melihat ekspresi kegirangan dari customer. :)

4. Evaluasi program Anda.

Evaluasi program yang Anda jalankan tiap menit, tiap jam dan tiap hari. Adakan perbaikan pada pos-pos yang kurang berjalan.

Selamat mencoba! ;)

Untuk pertanyaan dan saran, kunjungi www.restoclinic.com atau email ke ali@restoclinic.com. Terima kasih.

Part 1: Surprise Your Restaurant Guests! Promosi Gratis dan Ampuh

Para pelaku bisnis restaurant, apakah Anda ingin mengetahui sebuah tips promosi untuk meningkatkan repeat order di restaurant Anda?

Berikut kami persembahkan sebuah artikel berisi sebuh tips efektif tetapi GRATIS untuk mempromosikan restoran Anda. Tips ini kami dapatkan dari konsultan F&B professional, yaitu Restoclinic.com.


Menjamurnya bisnis restaurant, baik lokal, internasional, maupun franchise, membuat persaingan semakin sengit. Apa yang umumnya dilakukan restauranteurs (pelaku restaurant) menghadapi situasi semacam ini adalah mereka dengan berat hati memangkas habis harga menu untuk memikat customer. Namun pada akhirnya, mereka sering sangat kecewa karena apa yang diupayakan dengan berat hati justru mendulang kerugian.

Ya, memangkas harga tanpa kreativitas memberikan kesan restoran tersebut tidak laku, dituding memiliki mutu kelas kambing, bahkan bisa menurunkan gengsi customer.

Mengapa Anda tidak membuat customer kegirangan? Bukankah bisnis restoran adalah bisnis pengulangan? Jika customer senang, mereka akan bercerita ke yang lain dan mereka akan kembali dan kembali lagi.

SURPRISE UR GUESTS! merupakan promosi gratis dan ampuh. Berikan kejutan dan spontanitas kepada customerAnda sehingga mereka dengan antusias bercerita tentang pengalaman di restaurant Anda dan cerita itu adalah promosi gratis yang efektif. Seperti kita ketahui, promosi paling efektif adalah referensi dari teman atau saudara.

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana langkah-langkah menerapkan teknik "Surprise Ur Guests" ini? Pastikan Anda tetap up-to-date dengan blog kami karena kami akan membongkar "rahasianya" dalam waktu dekat ini.

Narasumber:
Restoclinic.com
Restaurant & Food Service Consulting
Jl. Raya Akses UI no. 7
Kelapa Dua - Depok
Phone: (021) 3211 6090, 8771 5619
Fax: (021) 8771 5619
Email: info@restoclinic.com
Website: http://www.restoclinic.com

Apakah Interface POS itu Penting Dalam Sebuah Aplikasi Resto?


Banyak orang yang mengatakan bahwa tampilan interface dari software aplikasi restoran Solis Resto ini sangat bagus dan atraktif.


Aplikasi POS resto kami memiliki warna hitam yang elegan, tombol-tombol yang tersusun rapi dan nyaman ketika menggunakan Touch Screen, serta desain layout meja yang menarik. Inilah salah satu alasan customer kami memilih software restoran ini.

Pertanyaannya, seberapa penting sih arti interface dalam sebuah software aplikasi restaurant?

Sebagai produk teknologi, tentunya software kami harus mudah digunakan. Konsumen tidak akan suka sebuah software resto yang sulit digunakan. Nah, salah satu unsur kemudahan tersebut didapat dari tampilan atau interface software restoran ini. Inilah mengapa kami sangat concern dengan interface aplikasi Point Of Sale kami.

Dengan tampilan interface yang atraktif, staff restoran akan lebih mudah memahami penggunaan aplikasi ini, bukannya malah membuat bingung. Bandingkanlah hal ini dengan software POS yang memiliki puluhan tombol-tombol yang membingungkan dengan bahasa asing yang sulit dimengerti.

Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan faktor interface dari software restoran yang akan Anda pilih, apakah interface-nya membingungkan user atau memudahkan.

Canangsari Restaurant in Bali, Bersantap Sambil Diiringi Tari Bali

VentraSys kali ini akan memuat profil dari sebuah restoran yang terletak di Pulau Dewata, Bali. Jika Anda sedang merencanakan berlibur ke Bali, restoran ini layak untuk Anda kunjungi. Mudah-mudahan review ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda. :)

***

Canang Sari Restaurant is located in the middle Sanur tourism area. Our location only 5 minutes to Bali Hyatt Hotel or 30 minutes to Hard Rock Hotel Bali.

The name "Canang Sari" means one of the smallest and most frequently made offerings that the Hindu Balinese dedicate to God in prayer. In order to perpetuate the name of this essential part of Bali's culture a restaurant has been built in Sanur named "Canang Sari Restaurant".

Our restaurant have a sitting capacity of more than 350, which make very suitable for large group dining. We have been serving guests of cruise ships, charter flights, conference and convention participants, wedding receptions as well as many other groups for more than 17 years with exquisite seafood, Indonesian food, Balinese food, European food, Japanese food, Chinese food, Korean food, vegetarian food in set menu style, buffet or A La Carte who require a large venue.

Yet, we have also been catering for numerous small and large of private groups with food and entertainment suited according to your request. We are open daily from 10.00 am - 10.00 pm. Your dinner will be accompanied with our live exclusive classical Balinese Dance such as joged dance, frog dance, and legong dance. You will have a chance to get a picture with the Balinese dancers at the end of the show.

Enjoy our wide range menu varieties from fresh seafood, local traditional to international food while enjoy our Balinese dance entertainment on your dinner or peaceful atmosphere in Sanur on your lunch time.

Don't forget to try our Indonesian Chicken Satay and the Balinese Satay Lilit.


For reservation, please contact:

Canang Sari Restaurant
Jl. Danau Batur no. 2, Sanur
Denpasar, Bali 80227
Indonesia

Phone: +62 361 287027
Fax: +62 361 289345
Email: sales@canangsari.com
Website: www.canangsari.com

***

Menyiasati Interior untuk Meningkatkan Sales Restoran

Tidak melulu berbicara mengenai aplikasi software restoran, kali ini, saya akan memuat artikel menarik tentang desain restoran dan apartment yang saya dapatkan dari seorang ahli konsultan interior spesialis restoran yang telah berpengalaman, Bpk. Rahmat Guntur Soegiarto

***

"Apakah Anda pernah melonjakkan penjualan restoran Anda hanya dengan menggeser-geser posisi meja dan kursi Anda?"

Apakah interior yang nyaman itu penting?

Apakah interior begitu pentingnya sampai dapat mendongkrak penjualan (sales)?

Lebih penting mana, antara interior yang bagus dengan produk (makanan) yang bagus (enak)?

Tiga pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sering diajukan kepada saya. Saya telah membuktikan pentingnya interior yang benar dan berfungsi dengan baik, tidak hanya indah atau mahal. Terutama untuk interior komersil seperti restoran ini.

Pada kasus Baso Ino Cikajang, owner meminta tolong kepada saya untuk melihat desain restonya, karena katanya ada yang salah dengan restoran tersebut. Restoran tersebut benar-benar sepi, kalah jauh dibanding restoran Baso Ino lainnya. Sayangnya, selama seminggu sejak owner meminta saya meninjau restoran tersebut saya masih belum menemukan waktu kesana.

Karena sudah pusing, owner sampai mengambil tindakan drastis akan menurunkan kitchennya dari lantai 2 ke lantai 1, karena ada nasehat dari temannya bahwa restorannya kurang menarik karena tidak ada "atraksinya". Penurunan kitchen dari lantai 2 ke lantai 1 ini tentu saja akan memakan biaya besar.

Begitu mendengar hal tersebut, saya cukup panik. Segera saya menyempatkan diri melihat ke Resto Ino Cikajang ini. Jangan sampai owner melakukan tindakan yang tidak berarti apa-apa dan hanya membuang uang.

Setelah saya sampai dan mengamati, langsung terlihat bahwa banyak kesalahan fatal yang mendasar terjadi pada desain resto ini. Yang terutama saya rasakan adalah desain resto ini malah terasa seperti desain rumah atau kantor! Dan yang lebih parah, sejak terjadi perubahan fungsi, tidak ada perbaikan layout yang dilakukan. Dalam kata lain, layoutnya amburadul. Suasana resto tidak tercipta, customer tidak dibuat betah, hancur total.....

Sore sampai malam setelah saya mengecek progress pekerjaan, saya beserta kru owner merelay out resto ini.

Dan apa yang terjadi setelah kegiatan yang sepertinya cuma menggeser-geser kursi dan furniture ini?

SALESNYA SEMINGGU KEMUDIAN NAIK 2x LIPAT!!!

Berapa biaya renovasi yang dikeluarkan owner? Rp. 0, karena yang dipakai semuanya adalah furniture yang memang sudah ada di restoran tersebut. Dan saya masih belum selesai. Di mata saya masih banyak hal yang harus dibenahi agar restoran ini dapat beroperasi maksimal, dan semoga salesnya juga makin naik.

Moral dari cerita saya?

1. Membangun suasana restoran yang enak dan nyaman buat pengunjung juga menambah nilai plus untuk restaurant Anda, yang akhirnya akan menaikkan jumlah trafik pengunjung ke resto Anda. Ujung-ujungnya, sales penjualan juga naik.

2. Pilihlah arsitek atau pemborong yang berpengalaman dalam mendesain dan membangun restoran yang fungsional, rasional dalam budget, dan desainnya menarik.

3. Walaupun owner telah memakai jasa desainer dan pemborong profesional sewaktu pertama kali membangun restoran Cikajang ini, tetapi karena mungkin kekurang sungguhan pekerjaannya ataupun kekurangan pengalaman desainer dan pemborongnya dalam membangun restoran, suasana dan trafik pengunjung menjadi tidak maksimal. Kerugian yang diderita owner? MILYARAN!

***

Sumber:
www.dekoresto.com
Narasumber dapat dihubungi disini.

Part II: Merancang Promo dengan Software Restoran

Salah satu parameter yang digunakan dalam merancang program promosi di restoran atau cafe Anda adalah berdasarkan jam dan hari. Misalnya, Anda bisa membuat promosi Happy Hour, yaitu diskon 15% untuk semua makanan pada jam 15.00 - 17.00, tidak berlaku pada hari weekend dan hari libur.

Cara ini sering dilakukan oleh banyak restoran karena dapat membantu meningkatkan trafik pada jam-jam sepi dan hari-hari yang relatif tidak ramai. Kita tahu, umumnya restoran hanya ramai pada saat-saat jam makan siang atau makan malam dan mencapai puncaknya pada hari-hari libur atau weekend.

Selain periode waktu tersebut, restoran biasanya akan lebih sepi. Dengan memberikan harga promo padasaat-saat "sepi" tersebut, diharapkan dapat membantu meningkatkan pengunjung.

Bagaimana software restoran kami dapat membantu Anda dalam hal ini?

Salah satu laporan yang terdapat di software restoran Solis Resto adalah laporan penjualan berdasarkan jam. Dari laporan ini, Anda dapat mengetahui periode jam-jam apa saja yang trafiknya tinggi, dan jam-jam berapa saja yang trafik pengunjungnya rendah.

Laporan lainnya adalah laporan penjualan periodik. Dari laporan ini, Anda dapat mengetahui penjualan di restoran Anda berdasarkan hari (tanggal) ataupun bulan. Anda dapat mengetahui pada tanggal-tanggal berapa biasanya restoran Anda ramai, dan pada tangga berapa biasanya agak sepi.

Hal ini dapat memberikan informasi penting bagi Anda dalam melakukan promo berdasarkan jam dan hari. Anda hanya perlu melihat dari laporan di software tersebut, dan kemudian melakukan setting promo Anda, dan sistem secara otomatis akan mengerjakan sisanya. Cukup mudah bukan? ;)

Part 1: Salah Satu Cara Menyusun Promosi dengan Software Restoran

Mungkin sebagian besar dari kita berpikir bahwa aplikasi software restoran itu hanya menyangkut operasional resto, dan tidak ada hubungannya dengan meningkatkan trafik pengunjung atau penjualan restoran. Padahal, beberapa hal yang membuat pelanggan ingin mengunjungi sebuah restaurant atau cafe adalah kecepatan layanan dan juga paket promo yang sedang ditawarkan.

Untuk layanan restoran yang cepat dan profesional, sudah tentu hal ini erat kaitannya dengan penggunaan software restoran (Point Of Sale restoran). Namun kali ini saya tidak akan membahas bagaimana sistem POS restoran akan membantu operasional, tetapi lebih kepada bagaimana software restoran dari VentraSys dapat membantu Anda merancang paket promo di resto Anda.

Salah satu laporan yang tersedia dari software restoran kami adalah laporan penjualan per menu. Dari sini, Anda dapat mengetahui fast-moving menu dan slow-moving menu. Anda dapat melihat 10 penjualan menu paling laris (fast-moving), dan sebaliknya, 10 menu yang paling tidak laris (slow-moving). Anda juga dapat melakukan filtering, misalnya yang ingin Anda lihat hanya menu-menu kategori beverage, appetizer, dan lain-lain.

Nah, setelah mendapatkan informasi ini, Anda dapat menjadikan menu-menu yang penjualannya kecil atau slow-moving untuk dimasukkan dalam paket promo di restoran Anda. Daripada langsung dihilangkan dari menu list, kenapa tidak Anda coba berikan diskon yang barangkali pelanggan Anda lebih berminat?

Tentunya, hal ini dapat lebih dimaksimalkan dengan menyuruh waitress aktif menawarkan menu yang sedang promo ini, sehingga tamu di restoran Anda lebih tertarik untuk memesannya.