R2R Cafe Menggunakan Restaurant Point Of Sale dari VentraSys

Ada satu tempat hang out yang asyik sekarang di daerah Pasar Minggu, Pancoran. Jika Anda berjalan dari jalan Pasar Minggu menuju ke arah perempatan Pancoran, maka sebelum lampu merah Anda akan melihat sebuah SPBU yang cukup besar di sisi kiri jalan, yaitu SPBU 3412707.

Nah, jika Anda masuk ke dalam SPBU tersebut, maka akan terlihat sebuah restoran dengan nama SLT Food Corner di lantai dasarnya, dan R2R (singkatan dari Race 2 Run) Cafe di lantai atasnya.

Kedua restoran dan cafe ini menggunakan software restoran Solis Resto dari VentraSys. Di bagian bawah, yaitu SLT Food Corner, menggunakan satu station Point Of Sale sebagai billing kasir. SLT Food Corner menggunakan sistem order ala fast food, yaitu tamu datang, langsung pilih menu yang dikehendaki, dan langsung bayar, baru duduk.

Sedangkan di lantai dua, yaitu R2R Cafe, sistemnya adalah table service. Lantai dua menggunakan dua station POS. Selain menggunakan sistem Point Of Sale untuk kelancaran operasional front-liner, restoran ini juga menggunakan modul inventory dari software kami untuk mempermudah pengaturan stok mereka.

Sedangkan jumlah module Print Out kitchen yang digunakan adalah sebanyak tiga print out, yaitu dua untuk di lantai atas, dan satu lagi untuk dapur lantai bawah. Tentunya hal ini sangat memudahkan koordinasi antara POS di lantai atas dengan kitchen staff di lantai bawah.

Dengan menggunakan software restoran Solis Resto ini, maka operasional SLT Food Corner dan R2R Cafe dapat berjalan lebih cepat, lebih profesional, dan tentunya lebih mudah.

Ingin tahu keistimewaan dari restoran dan cafe ini? Nantikan review kami mengenai SLT Food Corner dan R2R Cafe di posting saya berikutnya. Yang pasti, restaurant ini adalah tempat yang memberikan rasa makanan yang berkualitas, dengan suasana yang cozy, dan layanan dari staff yang berpengalaman. ;)

Istilah-Istilah Lain Dari Software Restoran

Bagi sebagian orang, terutama yang sudah familiar dengan industri hospitality, cafe, restaurant dan F&B, mungkin software restoran lebih dikenal dengan istilah software Point Of Sale restoran, atau yang disingkat dengan POS restoran. Dalam bahasa Inggris, istilah yang sering digunakan adalah Hospitality Software. Sejatinya, inilah istilah "asli" untuk software sejenis ini.

Tetapi, istilah "POS" kurang terdengar akrab bagi orang awam, terutama yang tidak familiar dengan dunia IT. Bahkan, baru-baru ini ada yang menanyakan kepada saya apa itu software point of sale (POS). Mungkin karena ucapannya yang sedikit berbau asing, jadi banyak orang awam di Indonesia yang masih kurang mengenal software point of sales.

Oleh karena itu, untuk membuatnya lebih familiar bagi orang awam tersebut, ada juga yang menyebutnya sebagai program kasir restoran, software cashier untuk restaurant, atau sistem billing restoran.

Tetapi, istilah ini terkesan "sempit" pengertiannya. Seolah-olah software ini cakupannya hanya untuk membantu kasir dalam melakukan transaksi. Padahal, software restoran cakupannya bisa mencapai inventory dan purchasing, tidak hanya sebatas di bagian kasir saja.

Ada juga yang menggunakan istilah "sistem management restoran" atau "sistem aplikasi restoran". Lagi-lagi, ada saja orang-orang yang merasa bahasa ini terlalu high-tech. Akan sulit menjual software ini kepada orang-orang yang gaptek dengan istilah yang kurang membumi tersebut.

Bagaimana dengan istilah "software F&B"? Jangan kaget, masih banyak orang yang bahkan tidak tahu apa kepanjangan dari F&B (bagi Anda yang tidak tahu, kepanjangannya adalah Food and Beverage :D). Lagipula, istilah "F&B" itu terlalu luas, karena usaha seperti catering pun akan dikategorikan sebagai F&B. Padahal, software ini tidak cocok untuk jenis usaha catering.

Oleh karena itulah, VentraSys akhirnya menggunakan sebuah istilah yang diharapkan cukup familiar, mudah diingat, dan tidak melenceng dari makna sesungguhnya, yaitu "software restoran".

Kalau mau dicari-cari kelemahannya sih sebenarnya masih ada, yaitu bisa membuat orang berpikir bahwa software ini hanya untuk restoran saja, tidak bisa untuk cafe atau tipe food court. Padahal sebenarnya tentu saja bisa digunakan untuk cafe dan food court. Bingung juga deh ujung-ujungnya .... :D

Hardware POS Restoran: Senor Robot POS

Kali ini, saya akan memperkenalkan satu lagi hardware point of sales integrated yang juga compatible dengan software restoran Solis Resto dari VentraSys. Hardware yang akan saya bahas kali ini adalah Senor Robot POS.

Hardware POS ini dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di Australia dengan nama yang sama, yaitu Senor Tech Pty Ltd. Dalam beberapa hal, hardware POS ini memiliki beberapa kelebihan, seperti harga yang lebih terjangkau, serta desain yang lebih atraktif.

Beberapa keunggulan dari POS terminal ini adalah:

- POS terminal pertama dengan "motorized screen angle adjustment".
- Water and dust resistive design.
- Removable 2'5" HDD.
- Integrated customer display, sangat cocok untuk tipa counter dan restoran fast food.

Spesifikasi untuk hardware Senor Robot POS adalah:

- 15" TFT LCD & ELO Touch (1024 x 768)
- CPU: Celeron M 1GHz on board
- RAM: 512 MB DDR
- HDD: 2,5" 40GB HDD
- I/O: P x 1, VGA O/P x 1, ethernet (10/100) x 1
- Serial x6, USB (v2.0) x 4, CF Slot x 1
- Included: customer display, MSR, cash drawer, dan thermal printer.

Special Menu 2009 dari Brunello Restaurant

Menyambut tahun 2009, Brunello Restaurant, salah satu restoran yang telah menggunakan software point of sales Solis Resto dari VentraSys, memberikan special menu yang istimewa. Berikut adalah menu-menu baru yang ditawarkan oleh Restoran Brunello:

Grilled US Short Ribs.
250 gram of honey barbecue US short ribs served with mixed salad tossed in balsamic vinegar and BBQ sauce on the side.

Rp. 175.000 ++ (very highly recommended)

Grilled Prawn ala Brunello.
Grilled King Prawn with garlic, butter and molted mozarella cheese, served with butter rice.

Rp. 150.000 ++

Brunello Restaurant juga memiliki menu spesial dimulai dari bulan Januari dengan limited portion:

White Wine NZ Half Shell Green Mussels.
Half shell green mussels poached in garlic and white wine.

Rp. 45.000 ++

Ossobucco ala Milanese.
Stewed veal shank in tomato based and gremolata sauce with thyme and rosemary.

Rp. 180.000 ++

Anda dapat mengunjungi restoran Brunello di:

Gedung Obor
Jl. Prapanca Raya no. 37
Jakarta Selatan
Telepon: (021) 724 7032

See you at Brunello Restaurant.... ;)

Apakah Software Restaurant dari VentraSys Cocok Untuk Restaurant atau Cafe Kecil?

Terkadang, ada yang bertanya seperti ini kepada saya: "restaurant saya ini sebenarnya hanyalah restaurant kecil, apakah cocok pakai software billing restoran segala?"

Untuk menggunakan software restaurant atau tidak sebagai sistem billing dan management di restaurant atau cafe Anda, memang ada beberapa pertimbangan. Namun, bukan berarti software restaurant Solis Resto tidak dapat digunakan untuk restaurant atau cafe yang kecil.

Banyak pemilik restaurant yang ragu menggunakan software Point Of Sale sebagai sistem billing kasir, karena merasa bahwa restaurantnya hanyalah restaurant kecil. Padahal, kecil besarnya restaurant hanyalah salah satu pertimbangan untuk menggunakan software POS restaurant atau tidak.

Salah satu hal yang membuat software restaurant Solis Resto ini cocok untuk resto ataupun cafe kecil sekalipun adalah harganya yang terjangkau. Jika budget menjadi concern Anda, maka VentraSys menyediakan paket hemat untuk pembelian modul-modul tertentu dari software restaurant Solis Resto.

Dengan paket hemat ini, Anda sudah akan mendapatkan modul POS sebagai sistem kasir, Back Office, dan laporan-laporan penjualan yang lengkap. Keuntungan lain adalah aplikasi ini sangat mudah digunakan ketika Anda ingin melakukan setting dan adjustment, bahkan tidak diperlukan pengetahuan khusus tentang komputer.

Penggunaan Point Of Sale Restoran Secara Multistation

Mungkin ada di antara Anda yang bertanya, "Apa itu pemasangan software restoran secara multistation?". Secara sederhana, maksud dari penggunaan POS multistation adalah mengaplikasikan lebih dari satu sistem Point Of Sale di restoran Anda, untuk membuat proses order menu menjadi lebih cepat dan lebih efisien.

Biasanya, jika sebuah restaurant ingin menggunakan sebuah software untuk mengatur operasionalnya, setidak-tidaknya restoran tersebut akan menggunakan satu buah POS sebagai sistem billing kasir dan untuk mempermudah transaksi di restoran, seperti order menu, cetak bill, pembayaran, dan lain-lain.

Tujuan utama penggunaan multistation POS di restoran adalah untuk mempermudah dan mempercepat order menu. Beberapa pertimbangan memasang beberapa station Point Of Sale sekaligus adalah:

1. Luas restoran.
Untuk restoran yang ukurannya kecil, mungkin satu POS saja sudah cukup memadai untuk merangkap sebagai sistem kasir dan order menu. Namun, untuk restoran atau cafe yang cukup luas, maka waitress akan kerepotan jika harus selalu mengantar order form ke meja kasir.

Dengan memasang lebih dari satu station Point Of Sale, maka waitress dapat melakukan input order sendiri, tanpa harus repot-repot ke meja kasir. Hal ini terutama akan sangat membantu untuk jenis restoran yang memiliki lebih dari satu lantai, karena waitress tidak perlu naik turun tangga hanya untuk mengantarkan order form ke kasir.

2. Tingkat keramaian restoran.
Jika seandainya restoran atau cafe Anda tidak terlalu luas, tetapi sangat ramai, maka dapat dipertimbangkan juga untuk memasang lebih dari satu Point Of Sale. Hal ini akan membantu kerja waitress lebih efektif, karena waktu mereka tidak dihabiskan untuk mengantar order form ke kasir.

Penggunaan multistation POS seperti ini juga memudahkan kerja kasir, karena tugas kasir lebih difokuskan untuk mencetak bill dan menerima pembayaran. Dalam keadaan restoran yang ramai, Kasir akan cukup kewalahan jika harus merangkap sebagai input order dan juga cetak bill, sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya human-errors.

Software Restoran dengan Teknologi PDA

Anda ingin menggunakan PDA untuk resto atau cafe Anda?

Software restoran Solis Resto dari VentraSys adalah aplikasi yang telah didukung dengan teknologi PDA. Artinya, waitress restoran Anda dapat melakukan order menu langsung dengan menggunakan PDA, tanpa harus berjalan ke meja kasir atau bahkan station order POS terdekat. Bisa dibayangkan, order menu akan jauh menjadi lebih cepat, selain restoran Anda juga akan terlihat lebih professional.

Selain daftar menu yang tersedia, informasi-informasi lain yang dapat diketahui dari PDA ini antara lain informasi masing-masing meja, jam order menu, ketersediaan menu, waktu saji menu (sehingga waitress dapat memberitahukan kepada tamu restoran berapa lama pesanan akan disajikan), dan lain-lain.

Gadget yang compatible dengan software restoran Solis Resto untuk pemasangan PDA order ini adalah HP iPAQ. Software restoran Solis Resto yang digabungkan dengan aplikasi PDA ini telah digunakan oleh banyak restoran ataupun cafe di seluruh Indonesia. Hubungi kami disini untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan PDA ini.

Bagaimana Teknologi SMS Dapat Meningkatkan Penjualan di Restoran Anda?

Kepada Yth.
Para pelaku bisnis restoran, cafe, dan F&B:

Apakah Anda ingin customer Anda datang lagi dan lagi (repeat order) ke restoran Anda?

Apakah Anda ingin nama cafe atau resto Anda selalu diingat oleh anggota member Anda?

Apakah Anda ingin meningkatkan loyalitas tamu restoran Anda?

Apakah Anda ingin memaksimalkan program restaurant membership Anda?

Jika jawaban Anda adalah "YA!", maka VentraSys dapat membantu Anda mewujudkan hal tersebut. ;)

Anda dapat melakukannya dengan mudah, nilai investasi yang terjangkau dan fleksibel, namun memiliki hasil yang efektif. Bagaimana caranya?

Untuk memberikan layanan yang lebih maksimal kepada para pemain di industri restoran, cafe, dan F&B, maka di awal tahun 2009 ini VentraSys meluncurkan sebuah produk aplikasi baru yang bernama Restaurant SMS Marketing Broadcast.

Aplikasi ini adalah aplikasi SMS Broadcast yang dapat digunakan untuk keperluan marketing, promotion, dan public relation restoran Anda. Secara garis besar, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk terus menjalin relasi dan hubungan yang berkesinambungan dengan customer restoran Anda ataupun grup membership melalui aplikasi SMS.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk hal-hal berikut ini:

- Memberikan ucapan selamat (tahun baru, hari raya, ulang tahun, dll) kepada member restoran.
- Memberikan info-info terbaru restoran atau cafe Anda (new promo, pembukaan cabang baru, etc.)
- Meningkatkan brand awareness, karena yang ditampilkan di layar SMS adalah nama resto Anda, BUKAN nomor handphone yang panjang dan susah diingat.
- Dan lain-lain.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai contoh penggunaan aplikasi ini, silahkan klik disini.

Restaurant POS Peripheral: Mini Printer Epson TM-U220

Kali ini saya akan kembali membahas secara singkat salah satu komponen hardware yang mendukung penggunaan software kasir restoran Anda. Jika sebelumnya saya telah memberikan artikel mengenai layar monitor Prolink Touch Screen, kali ini yang akan saya bahas adalah mini printer Epson TM-U220.

Untuk industri hospitality dan retail, mini printer terutama digunakan untuk mencetak bill (receipt). Khususnya untuk restoran dan cafe, mini printer selain digunakan untuk mencetak bill juga bisa digunakan untuk mencetak checker menu yang dipesan tamu, ataupun untuk print out di kitchen.

Salah satu mini printer yang banyak digunakan untuk perlengkapan Point Of Sales adalah Epson TM-U220 ini. Printer ini tersedia untuk jenis auto-cutter maupun non auto-cutter. Biasanya, untuk penggunaan print out dapur, yang digunakan adalah yang jenis auto-cutter, karena akan lebih praktis.

Hasil cetakan yang dihasilkan adalah dot matrix, bukan thermal, sehingga cocok untuk bill rangkap. Pihak Epson juga mengklaim bahwa series TM-U220 ini bekerja 30% lebih cepat dibandingkan dengan seri TM-U200.

Software restoran Solis Resto dapat digunakan secara compatible dengan printer ini.

Membuat Promo Untuk Member Restoran?

Bagaimana membuat promo untuk para pelanggan yang telah menjadi member di restoran Anda? Sebagai owner atau restaurant manager, tentunya Anda ingin agar member di restoran Anda datang lagi ke restoran Anda (repeat order). Bagaimana tips-tips untuk membuat skema promo yang dapat mewujudkan hal tersebut?

Berikut adalah kutipan tanya jawab berkaitan dengan hal tersebut, diambil dari forum kuliner www.priuk.com. Jawaban diberikan oleh seorang konsultan restoran dan F&B, Bpk. Hendri Syamsul.

Question:
Untuk customer yang notabene adalah member, kadang-kadang saya sudah melakukan promo ini dan itu, tetapi hasilnya kurang maksimal, padahal kita sudah menyajikan yang terbaik. Pertanyaannya, bagaimana caranya agar member bisa datang lagi dan lagi?

Answer:
Public Relations dan marketing harus benar-benar aktif dalam menjaga semua member. Walaupun sering mengadakan promo, tetapi PR dan marketingnya tidak bergerak dengan maksimal, maka akan sulit sekali membuat member mau datang lagi.

Buat suatu cara bagaimana memainkan gengsi member. Karena dengan menjadi member, tentunya mereka sudah membayar satu tahun di depan. Apakah sudah disiapkan Corporate Account buat para member? Kalau belum, segera dibuatkan, karena ini sebagian dari tingkat fasilitas privacy dan kenyamanan sang member.

Promo tidak selalu menjadi titik jalan keluar agar member tersebut kembali lagi ke tempat Anda, masih banyak cara-cara lain.

Disclaimer:
Artikel ini bukan bersifat konsultasi, tetapi hanya knowledge-sharing. Untuk konsultasi lebih lanjut, Anda dapat langsung menghubungi narasumber yang bersangkutan.

P.S.
Ingin memaksimalkan program membership resto atau cafe Anda? Klik disini.