Membuat Multiple Resep untuk Satu Menu

Menggunakan program kasir Solis Resto memang sangat fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengatur ramuan resep dalam modul inventory kami. Apa yang membuatnya mudah?

Kita telah mengetahui bersama bahwa agar pengaturan stok lebih akurat dalam sistem point of sales Anda, maka perlu disetting terlebih dahulu bahan-bahan (resep) apa saja yang dibutuhkan untuk membuat satu menu di restaurant Anda.

Nah, dengan menggunakan sistem kasir restoran Solis Resto dari VentraSys, maka Anda dapat memasukkan lebih dari satu jenis resep, atau Bill Of Material (BOM), ke dalam satu menu.

Misalnya Anda ingin membuat sebuah menu yang bernama Steak Saus Barbeque sebagai salah satu menu baru di restaurant atau cafe Anda. Menu ini adalah menu steak sapi yang disiram dengan saus racikan khusus rasa barbeque. Untuk membuat menu ini, setidak-tidaknya Anda membutuhkan dua resep, yaitu:

1. BOM untuk membuat steak.
2. BOM untuk membuat saus dari steak tersebut.

Ketika Anda ingin "add new menu" ke dalam sistem POS restaurant, maka Anda dapat memasukkan kedua resep BOM tersebut ke dalam menu Steak Saus Barbeque ini. Jika dikemudian hari Anda ingin membuat menu lain lagi yang juga memakai resep saus barbeque, maka Anda hanya perlu memasukkan kembali BOM saus barbeque tersebut ke menu baru ini, tanpa harus perlu membuat ulang dari awal lagi. ;)

Login POS Menggunakan Touch Screen atau ID Swipe Card?

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, untuk alasan security, setiap orang yang nantinya akan menggunakan software kasir atau point of sale di restoran Anda harus dibuatkan ID terlebih dahulu. Artinya, masing-masing user akan memiliki username dan passwordnya masing-masing.

Ada beberapa cara untuk dapat melakukan login. Jika software restoran Anda menggunakan hardware yang memakai keyboard dan mouse, maka login dilakukan dengan mengetik langsung username dan password si user dari keyboard. Selain cara tersebut, masih ada dua cara lainnya yang lazim digunakan saat ini, dan berikut adalah pembahasan lebih lanjutnya.

Login ke POS dengan touchscreen.
Karena sudah mulai banyak restaurant yang menggunakan hardware integrated untuk mengoperasikan software restorannya, maka teknik login tidak bisa lagi memakai keyboard.

User seperti kasir atau waitress akan langsung menekan tombol-tombol di layar (touchscreen) yang biasanya berupa angka-angka atau huruf-huruf tertentu untuk memasukkan user ID dan passwordnya.

Cara ini tentunya lebih cepat dan lebih praktis ketimbang mengetikkannya dari keyboard. Namun, cara login seperti ini tentunya juga masih memiliki kelemahan. Misalnya, bisa saja ada karyawan lain di restoran Anda yang sengaja "mencontek" ID yang diketikkan oleh karyawan lain, dan kemudian menggunakannya secara tidak bertanggung jawab.

Login ke POS dengan ID Swipe Card.
Alternatif lain adalah dengan menggunakan ID swipe card. Masing-masing user akan diberikan sebuah kartu ID magnetic, yang mana di dalamnya telah tersimpan informasi dari masing-masing user dari kartu tersebut.

Ketika ingin login, misalnya manager restaurant ingin melakukan cancel menu, maka cukup dengan menggesekan kartu tersebut di MSR (Magnetic Strip Reader), maka sistem akan secara otomatis mendeteksi username dan password dari pengguna kartu tersebut, tanpa harus si manager mengetikkannya lagi.

Cara login seperti ini dinilai lebih praktis dan lebih aman ketimbang mengetikkan langsung dengan cara touchscreen. Lebih praktis karena hanya perlu menggesek langsung, tanpa harus diketika lagi, dan lebih aman karena dapat mencegah karyawan lain "mencontek" user ID Anda.

Promosikan Restoran Anda di Blog Kami!

Tampilkan profil dan keunikan restaurant Anda di blog kami, FREE!!!

Ya, kami memberi kesempatan kepada Anda yang bergerak di bidang restaurant untuk dapat mempromosikan informasi mengenai restaurant Anda di blog kami. Untuk memberikan informasi yang lebih berkualitas kepada pembaca blog kami, kami juga ingin menampilkan topik-topik yang tidak hanya terbatas dalam bidang software POS restaurant, tetapi juga artikel-artikel F&B terkait lainnya.

Kalau Anda ingin mempromosikan restaurant Anda atau membuatnya lebih dikenal banyak orang tanpa mengeluarkan biaya promosi sama sekali, alias GRATIS, maka Anda dapat menceritakan kelebihan-kelebihan restaurant Anda di blog kami.

Ceritakan betapa lezatnya menu-menu andalan di restaurant Anda. :)

Ceritakan betapa cozy suasana cafe Anda. :)

Ceritakan apa yang membuat restaurant Anda berbeda dibanding kompetitor Anda. :)

Ceritakan juga betapa harga menu di restaurant Anda sangat kompetitif. :)

Ceritakan semua keunikan dan keunggulan restaurant Anda di blog ini. Anda dapat mengirimkan kata-kata dan profil dari restaurant Anda beserta gambar-gambar yang ingin ikut ditampilkan ke email kami di: software.restoran@gmail.com.

Segera kirimkan artikel dan profil restaurant Anda, sebelum didahului oleh kompetitor Anda ;)

Monitor TouchScreen Prolink 15" untuk POS Restoran

Seperti yang sudah pernah saya posting sebelumnya, salah satu pilihan hardware untuk mengoperasikan software restoran dari VentraSys adalah dengan menggunakan custom-built PC. Untuk monitor, salah satu rekomendasi dari kami adalah Prolink PRO 151T Touch Screen. Kali ini saya akan memberikan keterangan spesifikasi dan main features dari produk ini.

Features:
- Full 15" viewable screen
- Auto scale: gives full-screen display
- Auto adjustment: provides self-adjusting screen settings
- True color support: renders picture pure viewing

Specifications:
- Screen size: 15" diagonal
- Dot pitch: 0.297 (H) x 0.297 (V) mm
- Display area: 304.1 (H) x 228.1 (V) mm
- Contrast ration: 300 : 1
- Viewing angle: Horizontal: 160", Vertical: 130"
- Resolution: 1024 (H) x 768 (V)
- Brightness: 250cd/ m2
- Glass surface: non-glare coating
- Response time: 8ms
- Interface: analog RGB
- Connectors: audio, power jack, d-sub
- Frequency: Fh: 30 - 60 KHz; Fv: 60-75 KHz
- Dimension: 430 (L) x 120 (W) x 490 (H) mm
- Net weight: 4.0 kg
- Power saving: DMPS Power Saving less than 5W

Touch Screen:
- User control: on/ off, menu, +/- keys, auto, select
- OSD: PC menu, picture menu
- Basic I/O ports: DC-12V, VGA D-Sub, DVI (optional)
- Approval: UL & FCC, CE
- Humidity: 10-90%
- Operating life: 35 million times min
- Operating temperature: 0"C - 40"C
- Power input: AC100-260V, 50/60 Hz
- Power consumption: less than 40W

Keterangan: Spesifikasi dapat berubah sewaktu-waktu.

Pertimbangan - Pertimbangan Sebelum Membeli Software Restoran

Software restoran sangat penting jika Anda ingin membuka sebuah restoran atau cafe. Bagi orang-orang yang masih awam atau yang baru pertama kali terjun ke industri restoran, mungkin kurang begitu familiar dengan teknologi seperti ini.

Untuk itulah kali ini saya ingin sedikit berbagi tips mengenai apa-apa saja yang perlu dijadikan pertimbangan utama Anda ketika hendak memutuskan untuk membeli sebuah Point Of Sale untuk restoran Anda.

Fitur-fitur yang terdapat dalam software restoran.
Software restoran dengan fitur yang tercanggih dan terlengkap belum tentu merupakan pilihan yang paling baik. Seringkali, fitur yang terlalu canggih dan lengkap ini malah menjadi "senjata makan tuan", alias menjadi sulit digunakan.

Tetapi, sebaiknya Anda juga jangan hanya melihat fitur-fiturnya secara dari "kulitnya" saja. Secara umum, memang hampir semua software restoran memiliki fitur-fitur yang serupa. Lihat fitur-fiturnya secara detail, apakah bisa melakukan fungsi-fungsi khusus yang Anda butuhkan. Pilihlah software dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan yang paling canggih atau yang paling lengkap.

Vendor yang menjualnya.
Apakah perusahaan yang menjualnya spesialis dalam software restoran? Apakah vendor tersebut telah memiliki software siap pakai, atau malah harus develop lagi dari awal? Yang lebih buruk lagi, apakah vendor tersebut sama sekali bukan perusahaan, melainkan hanya independent software developer?

Pilihlah vendor yang memang sudah memiliki produk jadi yang spesialis dalam software restoran. Jika Anda memilih vendor yang belum memiliki produk jadi, artinya Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mulai pengembangan software tersebut dari nol. Belum lagi software tersebut harus menjalani trial dan error dulu, sehingga cukup beresiko.

After-sales service.
Operasional yang cepat adalah hal yang sangat penting dalam bisnis restoran. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa vendor Anda memiliki tim after-sales service yang dapat mengatasi masalah dengan software POS yang Anda beli seandainya tiba-tiba terjadi masalah. Kalau perlu, kunjungi langsung salah satu klien mereka dan tanyakan secara langsung bagaimana mereka dilayani selama ini.

Kemudahan pemakaian.
Tidak ada gunanya membeli sistem POS restoran yang super canggih tetapi tidak bisa atau sulit digunakan oleh kasir atau waitress restoran Anda. Pastikan terlebih dahulu bahwa software yang akan Anda beli itu mudah dimengerti, mudah digunakan, dan mudah dalam melakukan pengaturan-pengaturan. Kalau perlu, coba langsung software tersebut ketika sales representative dari vendor yang bersangkutan sedang mempresentasikannya.


Rekomendasi Hardware Integrated: IBM SurePOS 500 Express

Dalam posting sebelumnya mengenai rekomendasi hardware yang direkomendasikan untuk software POS restoran dari Ventrasys, saya menuliskan mengenai rekomendasi hardware custom-built PC. Kali ini, saya akan menuliskan rekomendasi hardware point of sale integrated, yang diawali dari brand IBM surePOS 500 Express.

IBM SurePOS 500 Express adalah sebuah hardware POS integrated yang cukup komplit, karena telah termasuk cash drawer, thermal printer, Magnetic Stripe Reader (MSR), dan memiliki layar touchscreen 15" LCD.

Hardware ini mudah digunakan, mudah diinstalasi, sangat handal, spill-resistant, dan telah banyak digunakan oleh pemain ritel dan restoran-restoran di seluruh dunia. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup bersaing di kelasnya. Tentunya hal tersebut membuat hardware POS Anda lebih terjamin untuk jangka waktu yang panjang.

Adapun specs dari IBM SurePOS 500 Express (4840-544) ini adalah:

- Intel Celeron 2 GHz processor
- 256 MB Base memory
- 40 GB hard drive
- 15" infrared touch active LCD
- 3 track MSR
- Ethernet 10/ 100 card
- Integrated Customer Display
- IBM SureMark Thermal Printer
- Full size cash drawer

Persiapan-Persiapan untuk Software Restoran Anda

Ada persiapan-persiapan yang harus Anda siapkan sebelum menggunakan software restoran Anda. Persiapan-persiapan yang saya maksud disini adalah data-data apa saja yang harus Anda siapkan yang nantinya akan dimasukkan ke dalam software tersebut (data entry). Jika Anda tidak melakukannya, maka hal ini nantinya dapat menghambat efektifitas operasional restoran Anda. Berikut adalah data-data yang umumnya dipersiapkan terlebih dahulu untuk software restoran Anda.

Daftar menu di restoran Anda.
Tentu saja, data yang berisi menu-menu yang dijual di restoran Anda merupakan yang paling vital, karena inilah yang Anda jual di POS Anda. Data menu biasanya terdiri dari nama menu, gambar menu, dan harga menu. Siapkan list menu-menu yang Anda jual beserta informasi detailnya terlebih dahulu sebelum software Anda diimplementasikan.

Pembagian kategori dan sub-kategori menu.
Banyaknya menu-menu yang Anda jual perlu dikelompokkan menjadi kategori-kategori menu. Jika semua menu digabung menjadi satu dan tidak dikategorikan, maka akan membingungkan nantinya. Pikirkan terlebih dahulu pembagian kategori-kategori dan sub-kategori menu Anda, sehingga nanti memudahkan kasir dan waitress dalam input order.

Daftar barang-barang atau inventory.

Hal ini hanya berlaku jika Anda juga membeli modul inventory. Jika Anda ingin mengatur sistem inventory di restoran Anda secara computerized juga, maka Anda perlu mendaftar semua barang-barang yang terdapat di restoran Anda, mulai dari yang terkecil seperti sedotan, sendok, piring, garam, kecap, hingga yang besar seperti daging, beras, minyak goreng, dan lain-lain.

Daftar resep atau Bill Of Material (BOM).
Ini juga berlaku hanya jika Anda menggunakan modul inventory. Agar stok dapat berkurang secara otomatis untuk setiap menu yang terjual, maka Anda perlu membuat terlebih dahulu resep atau BOM dari masing-masing menu. Misalnya untuk satu porsi nasi goreng akan menghabiskan nasi 500 gram, kecap 5 ml, garam 1 sendok teh, daging ayam 5 gram, dan seterusnya.




Rekomendasi Hardware untuk Software Restoran dari Ventrasys: Custom-Built PC

Beberapa klien kami sering juga menanyakan, hardware Point Of Sale apa saja yang cocok atau compatible dengan software restoran yang dijual Ventrasys. Posting kali ini saya buat untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan mudah-mudahan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Untuk posting pertama, saya akan mulai dari hardware komputer biasa, atau yang biasa disebut juga custom-built PC. Di posting-posting berikutnya akan saya tuliskan mengenai hardware POS yang integrated. Custom-built PC biasanya adalah pilihan yang paling cost efficient. Ini artinya Anda cukup menggunakan komputer biasa untuk menjalankan aplikasi software restoran Solis Resto.

Monitor Touchscreen
Mari kita mulai dari monitor terlebih dahulu. Untuk monitor touchscreen, kami merekomendasikan monitor Prolink 15". Tampilannya ramping, cocok untuk tempat yang kecil, dan dapat menghemat banyak tempat di meja kasir di restoran Anda, dengan posisi kemiringan yang nyaman untuk penggunaan touchscreen.


CPU
Untuk dapat menjalankan software restoran Solis Resto, tidak diperlukan CPU dengan spesifikasi yang terlalu canggih. Berikut adalah spesifikasi yang kami rekomendasikan:

- P4 Dual Core E2160
- 1 LTP Port, 1 COM port
- RAM 512 Mb DDR2
- HDD 80 Gb
- Minimum Windows XP untuk Operating System

Peripherals
Untuk peripherals, Anda dapat menggunakan printer Epson TM-U 220 Auto Cutter, baik untuk print bill di kasir, print checker, ataupun untuk kitchen print-out. Cash drawer dapat menggunakan Integral RJ 11, MSR (Magnetic Stripe Reader) Posiflex dan Customer Display dari Samsung.